EmitenNews.com - Simon Aloysius Mantiri mendapat tugas baru dari pemerintah melalui Kementerian BUMN, sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) merangkap Komisaris independen. Politikus Partai Gerindra, sekaligus pengusaha tambang itu, menggantikan Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok, yang mundur sejak Februari 2024. 

Pengangkatan Simon Aloysius Mantiri itu berlangsung dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2023 PT Pertamina (Persero), di Kementerian BUMN, Senin (10/6/2024). Rapat juga mengangkat Condro Kirono sebagai Komisaris independen BUMN perminyakan tersebut.

Dengan demikian susunan Dewan Komisaris Pertamina menjadi sebagai berikut :

Komisaris Utama sekaligus merangkap sebagai Komisaris Independen Simon Aloysius Mantiri

Komisaris Independen: Condro Kirono

Komisaris: Heru Pambudi

Komisaris: Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr. (Han)

Komisaris Independen: Alexander Lay

Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf

Komisaris Independen, Iggi H. Achsien

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, dengan dilantiknya Dewan Komisaris ini akan semakin memperkuat Pertamina untuk mewujudkan amanah pemegang saham menjadi perusahaan energi yang melayani masyarakat, bangsa dan negara.

Dari informasi yang dikumpulkan, Senin, diketahui Simon Aloysius Mantiri selain sebagai pengusaha, juga tercatat sebagai petinggi Partai Gerindra. Dalam struktur partai besutan Prabowo Subianto itu, direktur PT Nusantara Energy Indonesia (NEI) ini, menjabat wakil sekretaris Dewan Pembina DPP Gerindra.

Sebagai orang dekat Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Simon berperan penting dalam kampanye pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Pria asal Tomohon, Sulawesi Utara ini merupakan Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Meski didapuk sebagai bendahara tim pemenangan, Simon aktif berkampanye. Bersama sang istri, Priscilia Waworuntu, Simon merancang sejumlah agenda kampanye Prabowo-Gibran. Dari situ sedikit banyak, ia memiliki andil dalam kemenangan Prabowo-Gibran menuju kursi Presiden dan Wapres RI 2024-2029. ***