EmitenNews.com - Partai Gerindra kehilangan salah satu kadernya. Anggota Fraksi Gerindra DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa meninggal dunia, Sabtu (24/6/2023). Mantan aktivis ini menghembuskan napas terakhir dalam perawatan di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta. Sebagai aktivis di masa muda, politikus kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini, pernah menjadi korban penculikan di era Orde Baru. Di era reformasi ia berkiprah sebagai politikus dalam Partai Gerindra.

 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah meninggal dunia Desmond Mahesa di RS Mayapada Sabtu, 24 Juni 2023." Demikian informasi berantai yang mengabarkan kepergian politikus tersebut.

 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan Desmond wafat setelah masuk rumah sakit kemarin. "Beliau dari kemarin memang masuk Rumah Sakit Mayapada dan tadi telah berpulang pukul 04.00 subuh."

 

Desmond lahir dan besar di Banjarmasin pada 12 Desember 1965. Junaidi, demikian nama kecilnya, menghabiskan masa tumbuh besarnya di dua permukiman padat penduduk di Banjarmasin, yakni di Sungai Tabuk dan Pasar Batuah. Tempaan keras dihadapinya sembari tetap fokus pada pendidikan.

 

Desmond menamatkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Ia rajin menuliskan opini, dan kritiknya, dan dimuat dalam surat kabar maupun majalah lokal di sana.

 

Semua itu makin melengkapi jalan hidupnya, setelah berkarier di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Nusantara (LBHN) Banjarmasin, Bandung, sampai Jakarta ketika memasuki era reformasi. Desmond muda termasuk aktif menyuarakan kritik lantangnya terhadap pemerintahan Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto.

 

Tetapi, sebagai salah satu korban penculikan aktivis pada era 1997/1998, menjadi momen penting perjalanan politik seorang Desmond J. Mahesa. Menariknya, setelah bebas ia justru berkiprah dalam Partai Gerindra, yang kelahirannya dibidani, dan hingga kini dipimpin oleh Prabowo Subianto, yang kerap dikaitkan denga penculikan aktivis.

 

Setelah bebas, dan berkiprah di masyarakat, Desmond Mahesa membuka biro hukum Des & Des di Jakarta. Ia menangani berbagai kasus, dengan klien beragam.

 

Sebagai politikus Partai Gerindra, Desmond J. Mahesa menjabat anggota DPR RI tiga periode  (2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024) sejak 2009 dari daerah pemilihan Kalimantan Timur. Pada pemilu legislatif berikutnya, ia memenangkan kursi DPR dari Dapil Banten II. ***