EmitenNews.com - PT Pos Indonesia mengembangkan fitur syariah pada aplikasi Pospay yang disebut sebagai Pospay Syariah. Layanan keuangan digital ini merupakan bagian dari wujud transformasi layanan digital transaksi keuangan yang dimiliki Pos Indonesia.


Dengan jumlah Muslim di Indonesia mencapai persentase sebesar 86,9% dari total keseluruhan penduduk, Pos Indonesia berupaya untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim melalui layanan keuangan digital Pospay Syariah.


Launching Layanan Pospay Syariah langsung dilakukan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi pada Kamis, 24 Maret 2022 di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Acara dihelat dalam kegiatan menyambut bulan Ramadan, ‘munggahan’ bersama anak yatim.


Faizal berterima kasih atas dukungan dan kepercayaaan mitra lembaga syariah yang telah mempercayakan penghimpunan ziswaf dan layanan syariah lainnya melalui Pos Indonesia.


"Semoga kerja sama ini menjadi kolaborasi yang sinergis dan menarik para pelaku bisnis syariah lainnya untuk juga dapat berkolaborasi dengan Pos Indonesia," ujarnya.


Sebagai rangkaian dari proses acara launching Pospay, Pos Indonesia mengambil inisiatif dengan mendonasikan sebesar Rp 1.000 dari setiap transaksi keuangan yang dilakukan melalui Aplikasi Pospay.


Hasil donasi yang terkumpul, akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan, seperti anak yatim, bea siswa bagi anak berprestasi melalui lima lembaga amil zakat yang bermitra dengan Pos Indonesia. Yakni Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Yayasan Rumah Zakat Indonesia, Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Lazis PP Muhammadiyah, dan Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia.


Faizal menambahkan, program ini bertujuan untuk mengenalkan kepada umat muslim dan masyarakat pada umumnya, bahwa Pospay memiliki fitur yang dapat memudahkan masyarakat untuk dapat berbagi kepada sesama.


“Melalui fitur di dalam Pospay Syariah, masyarakat dapat dengan mudah menyalurkan donasi, zakat dan juga infaq yang dana tersebut dijamin akan tepat sasaran karena dikelola oleh lembaga yang dapat dipercaya,” ujarnya.


Pospay berupaya untuk mengenalkan masyarakat, khususnya generasi muda untuk dapat lebih peduli dengan sekitar dan membentuk generasi baik Pospay.


Sebagai sebuah inovasi digital, aplikasi Pospay telah melengkapi jaringan outlet fisik Pos Indonesia yang saat ini tersebar sebanyak lebih dari 4.500 titik. Aplikasi Pospay memberikan kemudahan dan kecepatan bertransaksi keuangan konvensional maupun transaksi layanan syariah. Fitur QRIS semakin melengkapi proses transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, dan terjamin keamanannya.(fj)