EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat Medikaloka Hermina (HEAL) idAA. Rating itu, juga berlaku untuk Obligasi Berkelanjutan I Tahun 2020. Dan, prospek peringkat perusahaan stabil. 

Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar pemilik RS Hermina tersebut sangat kuat di lingkaran industri rumah sakit, profil keuangan sangat kuat, dan marjin laba stabil. Namun peringkat itu, dibatasi persaingan ketat di level industri. 

Peringkat dapat dinaikkan kalau Medikaloka makin memperkuat profil bisnis dengan meningkatkan jumlah rumah sakit, dan tempat tidur operasional. Itu penting untuk mendapat lebih banyak pangsa pasar, mempertahankan struktur permodalan konservatif, dan perlindungan arus kas kuat. 

Namun, peringkat dapat diturunkan kalau pendapatan atau EBITDA jauh di bawah target, atau kalau perusahaan menambah utang lebih tinggi dari proyeksi, akan memperburuk profil keuangan. Medikaloka  berdiri pada 1999, dan bergerak di industri kesehatan dengan Hermina sebagai merek rumah sakit. 

Per 31 Maret 2024, perusahaan mengoperasikan 47 rumah sakit seluruh Indonesia dengan menarget segmen berpenghasilan menengah. Formasi pemegang saham terdiri dari dewan direksi perusahaan 22,64 persen, Astra International 7,28 persen, dewan komisaris perusahaan 4,94 persen, dan publik 65,14 persen. (*)