EmitenNews.com - Kejutan kembali mewarnai pelantikan pejabat Kabinet Merah Putih dalam pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Setelah sehari sebelumnya sejumlah nama yang tak diundang ke kediaman Prabowo di Kertanegara maupun pengumuman menteri tiba-tiba dilantik, hari ini kejutan kembali terjadi.


Luhut yang Senin kemarin tiba-tiba disebut dan langsung dilantik sebagai Kepala Dewan Ekonomi Nasional, hari ini kembali tampak diantara nama yang dilantik pada acara pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Badan, Penasihat Khusus dan Staf Khusus Presiden.


Letjen purnawirawan yang pada pemerintahan sebelumnya dipercaya presiden Jokowi merangkap sejumlah jabatan, kali ini kembali dipercaya Prabowo merangkap jabatan sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan.


Selain Luhut nama lain yang terkait bidang ekonomi adalah mantan menteri pertambangan dan energi Purnomo Yusgiantoro dan mantan menteri perdagangan Mari Elka Pangestu. Purnomo menjabat sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Energi, sedangkan Mari sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan Internasional dan Perundingan Multilateral.


Ada pula musisi dan komposer Yovie Widianto yang menempati Staf Khusus Bidang Ekonomi Kreatif, Haikal Hasan sebagai Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, dan mantan Menteri Kesehatan, dr Terawan sebagai Penasehat Khusus Presiden Bidang Kesehatan.


Nama lain yang juga dilantik hari ini adalah politisi Golkar, TB Hasan Sadzili sebagai Kepala Lemhannas, pendiri Partai Hanura Wiranto sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Polkam, dan mantan KSAD Dudung Abdurahman sebagai Penasehat Khusus Bidang Pertahanan Nasional.


Nama Kontroversial yang selama ini banyak disebut dan ikut dalam pembekalan calon menteri akhirnya juga muncul namanya di antara yang dilantik. Di antaranya selebritas Raffi Ahmad, Gus Miftah dan mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah yang juga juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.(*)