EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021). Dalam bagian lain pesannya, Presiden Jokowi meminta semua pihak bisa merawat, menjaga, dan memanfaatkan venue pelaksanaan PON XX Papua 2021 dengan baik. Jokowi meminta para bupati dan wali kota segera menyiapkan manajemen pengelolaan pemanfaatan fasilitas PON XX secara profesional.


"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Presiden Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).


Jokowi mengajak merayakan PON Papua yang akan berakhir 15 Oktober 2021 ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, yakin dengan adanya PON ini kemajuan Papua akan berjalan cepat. "Mari tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan."


PON XX digelar pada 2-15 Oktober 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat. Ajang olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia, didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang. Tempat utama penyelenggaraan PON berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasitas 40.000 penonton.


Pada bagian lain pidatonya, Presiden Joko Widodo meminta semua pihak bisa merawat, menjaga, dan memanfaatkan venue pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX di Papua dengan baik. Jokowi meminta para bupati dan wali kota segera menyiapkan manajemen pengelolaan pemanfaatan fasilitas PON XX secara profesional. "Setelah mampu membangun venue yang terbaik ini pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, tugas selanjutnya merawat dan tugas selanjutnya adalah memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya."


Menurut Jokowi, venue-venue untuk pelaksanaan PON sudah berstandar internasional. Mulai dari Istora Papua Bangkit, arena akuatik, arena kriket, arena hoki, arena dayung, arena panahan sampai arena sepatu roda. Berbagai fasilitas olahraga itu menghadirkan inovasi kecanggihan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan.


"Saya tidak ingin setelah nanti PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana besar dan berstandar internasional ini justru menjadi tempat sepi, tidak terawat dan akhirnya rusak. Ini yang kita tidak mau," kata Presiden Joko Widodo. ***