EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan Sirkuit Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi juga berkesempatan menjajal sirkuit dengan sepeda motor custom warna hijau miliknya. Dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat memakai baju hitam sambil memegang helm ke arah motor balap bertuliskan R1 yang diparkir di jalur sirkuit.


Sementara di belakang motor Presiden, terdapat beberapa sepeda motor yang ikut menemani Presiden saat menjajal Sirkuit Mandalika. Terlihat juga Menteri BUMN Erick Thohir yang mengibarkan bendera start di pinggir lintasan. Begitu bendera diangkat, dengan motornya Presiden lalu meluncur mengelilingi lintasan, diikuti sepeda motor lainnya.


Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer nantinya menjadi tuan rumah ajang balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 Nopember 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.


"Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer itu,  menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event dunia. Sebentar lagi ada WSBK dan dilanjutkan pada bulan Maret MotoGP 2022," ujarnya di lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok.


Selain meresmikan penggunaan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi juga meresmikan beroperasinya Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mandalika sepanjang 17,3 kilometer. Ia menyebutkan, jalan tersebut menghubungkan antara Bandara Internasional Lombok dengan kawasan Mandalika telah selesai dibangun dan digunakan. Dengan begitu jarak tempuh antara bandara dan Mandalika bisa menjadi 15 menit saja.


Dalam kunjungannya Presiden Jokowi ditemani sejumlah menteri. Selain Menteri BUMN Erick Thohir, ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.


Turut mendampingi Ketua MPR RI, sekaligus Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.


Gubernur NTB Zulkieflimansyah, menyambut hangat kedatangan Presiden Jokowi, di Bandara Internasional Lombok. Bang Zul, begitu Gubernur NTB ini disapa, menyampaikan, kesiapan Provinsi NTB menyukseskan perhelatan internasional yang akan diselenggarakan di NTB, yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike 2021.


“Insya Allah, kami sudah siap menyambut event-event internasional tersebut, Pak Presiden. Kami juga bersyukur bahwa vaksinasi sudah maksimal, terbukti dengan sudah landainya pandemi Covid-19 di Provinsi NTB," kata Zulkieflimansyah. ***