EmitenNews.com - Akan ada Badan Gizi di Tanah Air. Presiden-Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan membentuk Badan Gizi untuk melaksanakan Program Makan Bergizi Gratis, yang merupakan salah satu janji kampanye mereka dalam  Pilpres 2024. Badan Gizi Nasional merupakan instansi baru yang tengah disiapkan pembentukannya.

Dalam keterangannya kepada pers, Jumat (21/6/2024), anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Panangian Simanungkalit mengatakan, Badan Gizi Nasional itulah yang akan menjalankan penugasan untuk program makan gratis tersebut.

Meski begitu Panangian Simanungkalit belum dapat memastikan apakah instansi ini murni diisi dengan orang-orang baru atau mengambil dari badan serupa lainnya.

"Saya kira kalau Pak Prabowo lebih suka sesuatu yang lebih fresh. Bahwa nanti ada kombinasi tentu sebagai lembaga, tapi lebih fresh beliau itu maunya," ujarnya.

Yang jelas, nantinya instansi ini akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan lembaga-lembaga desa lainnya. Dengan demikian, di dalamnya tidak akan ada intervensi dari pengusaha-pengusaha besar.

"Melalui lembaga-lembaga di desa. Jadi nggak ada (vendor makanan dari) konglomerat-konglomerat di situ. Tentu kalau ada koperasi pasti diikutsertakan juga," kata dia.

Satu hal, implementasi program makan gratis ini nantinya akan lebih diarahkan untuk makan pagi dan bukannya makan siang. Namun hal ini masih akan dibahas Kembali dan disesuaikan dengan sekolah-sekolah terkait.

"Makan pagi kalau nggak salah. Pokoknya dapat makanan gratis. Kan ada yang bilang pagi, ada yang siang, tergantung sekolahnya," jelas dia.

Seperti diketahui dalam kampanye Pilpres 2024, pasangan Prabowo-Gibran mengusung sejumlah janji, salah satunya program makan siang gratis. Kita tahu, pasangan nomor urut 02 itu, akhirnya memenangkan Pilpres 2024, dan ditetapkan oleh KPU sebagai presiden, dan wakil presiden terpilih 2024-2029. ***