EmitenNews.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DJPI) tengah menyiapkan Program Pembiayaan Perumahan Hijau (Indonesia Green Affordable Housing Program /IGAHP). Program yang diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah ini ditargetkan sudah bisa diluncurkan pada 2024.


"Ditargetkan IGAHP pada tahun 2024 sudah bisa diluncurkan," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Herry Trisaputra Zuna di Jakarta, Selasa (29/8).


Herry mengatakan Kementerian PUPR menggagas IGAHP untuk mentransformasi ekosistem perumahan untuk mencapai target net zero emissions dan perubahan iklim.


IGAHP merupakan platform yang disusun oleh Kementerian PUPR, di mana fokusnya agar semua perumahan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi perumahan hijau dan terjangkau.


"Ini juga bisa menjadi contoh bahwa perumahan yang terjangkau bisa mengadopsi ramah lingkungan atau green, dan perumahan menengah serta mewah dapat mengikuti tren perumahan ramah lingkungan tersebut," kata Herry.(*)