EmitenNews.com - Garuda Indonesia (GIAA) terus memperkuat komitmen dalam mendukung pengembangan sektor UMKM, dan produk dalam negeri. Itu diwujudkan melalui peluncuran livery branding logo Bangga Buatan Indonesia (BBI). Logo itu, dipasang pada salah satu armada Boeing 737-800 NG bernomor registrasi PK-GMV. 


Livery gerakan nasional BBI itu, secara resmi mulai diperkenalkan melalui penerbangan Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan GA 502 pada Jumat (10/6) lalu. Pemasangan livery logo BBI itu, salah satu wujud komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung promosi, pengembangan sektor UMKM, dan produk dalam negeri sebagai salah satu pilar penting dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.


”Menjadi kebanggaan bagi kami ikut ambil bagian dalam sosialisasi, dan menjadi platform strategis gerakan nasional BBI pada salah satu kanal promosi kami. Kami berharap dapat meningkatkan awareness masyarakat sehingga ke depan dapat meningkatkan kebanggaan atas berbagai produk unggulan nasional,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.


Garuda menyadari sinergi menjadi salah satu kunci keberhasilan pemulihan ekonomi nasional. Melalui ketersediaan kanal informasi maupun jangkauan platform penjualan luas, kiranya dukungan promosi terhadap UMKM, dan produk dalam negeri mampu membawa pertumbuhan positif bagi peningkatan penjualan. ”Sekaligus memperluas brand produk nasional di pasar global sehingga lebih berdaya saing,” papar Irfan.


Garuda Indonesia membuka kesempatan bagi para pelaku sektor UMKM nasional maupun produk dalam negeri untuk berkolaborasi mempromosikan produk unggulan melalui fitur layanan maupun platform promosional di bawah kelolaan perusahaan, termasuk melalui aktivitas direct promotional di dalam pesawat maupun aktivitas penerbangan penunjang lain.


Selain melalui kanal promosi livery pesawat, komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung sektor UMKM, dan produk dalam negeri juga direpresentasikan melalui optimalisasi kanal belanja online GarudaShop. Itu sebagai platform untuk mendukung, dan mempromosikan produk-produk buatan sektor industri nasional khususnya pelaku UMKM. Saat ini, melalui platform GarudaShop, Garuda Indonesia telah berkolaborasi dengan sedikitnya 57 UMKM tersebar dari berbagai wilayah Indonesia.


Misalnya, Bali, Surabaya, Bandung, dan kota lain untuk memperkenalkan berbagai produk unggulan. Meliputi produk home & lifestyle, health & wellness, handicraft, dan produk lainnya. ”Kehadiran produk UMKM nasional di kanal belanja GarudaShop turut melengkapi rangkaian produk-produk pilihan Garuda Indonesia yang selama ini ditawarkan dalam perjalanan domestik maupun internasional. Melalui GarudaShop sebagai etalase digital bagi produk UMKM, dan brand dalam negeri lain, diharap dapat memperkuat ekosistem digital yang terus dikembangkan pemerintah akan makin dikenal luas hingga pasar internasional,” bibirnya.


Garuda Indonesia bilang Irfan, terbuka dengan berbagai peluang kolaborasi yang dapat dimaksimalkan bersama pelaku sektor UMKM, dan produk dalam negeri untuk memperkenalkan berbagai produk unggulan melalui platform promosional perusahaan. Komitmen itu, menjadi bagian manifestasi sebagai national flag carrier untuk memaksimalkan peran, dan kontribusi dalam perputaran roda perekonomian nasional melalui gerakan BBI. (*)