EmitenNews.com - Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dan tujuh penumpang helikopter yang mendarat darurat di hutan Kerinci, berhasil di hari ketiga, Selasa (21/2/2023). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi tim SAR Gabungan, termasuk masyarakat, semua pihak yang terlibat dalam operasi penyelematan. Termasuk anggota TNI, yang sempat berputar-putar di udara dalam operasi pengangkatan melalui helikopter. Saat ini delapan korban kecelakaan udara itu, termasuk Kapolda Jambi dalam perawatan di rumah sakit.

 

"Saya tentunya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tim yang tergabung dalam penyelamatan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di RS Bhayangkara Jambi, Selasa (21/2/2023).

 

Selain Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dalam kecelakaan helikopter ini ada 7 orang korban lainnya. Berikut daftar lengkapnya:

 

  1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
  2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
  3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
  4. Koorspripim Kompol Ayani
  5. ADC Kapolda Jambi atas nama Briptu Muhardi Aditya
  6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
  7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul
  8. Mekanik Aipda Susilo

 

Proses evakuasi korban dilakukan sejak Senin (21/2/2022). Proses evakuasi dilakukan lewat jalur darat maupun udara. Karena terkendala cuaca buruk, evakuasi sempat dihentikan, lalu dilanjutkan kembali Selasa, sampai akhirnya berjalan lancar.

 

Ke delapan penumpang helikopter milik Ditpolairud Polda Jambi itu dapat dievakuasi pada hari ini. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono meminta menjadi pihak yang terakhir dievakuasi dari lokasi helikopter mendarat darurat. Jenderal polisi berbintang dua itu, meminta tujuh anak buahnya yang diselamatkan terlebih dahulu.

 

Saat proses evakuasi Irjen Rusdi menggunakan tandu, yang diangkat ke atas heli. Terdapat seorang personel TNI yang ikut naik, sambil memegang dan menjaga tandu Irjen Rusdi saat diangkat ke udara.

 

Momen mendebarkan terekam dalam video yang diunggah di akun Instagram Polda Jambi. Tampak sang prajurit TNI bersama tandu berputar semakin kencang saat semakin tinggi, karena angin kencang.

 

Termasuk kepada anggota TNI tersebut, Kapolri kembali mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses evakuasi.