EmitenNews.com - Bukit Asam (PTBA) menyandang peringkat idAA dengan prospek stabil. Peringkat itu, terutama mencerminkan tingkat kemungkinan sangat tinggi akan dukungan induk usaha, yaitu PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

Profil kredit berdiri sendiri perusahaan mencerminkan posisi bisnis kuat, dan profil finansial sangat kuat. Namun, dibatasi profil bisnis terkonsentrasi, dan paparan terhadap fluktuasi harga komoditas. Peringkat dapat dinaikkan kalau peran perusahaan terhadap Mind ID mengalami peningkatan secara substansial. 

Itu terefleksi dari kontribusi pendapatan, dan profitabilitas jauh lebih tinggi terhadap grup. Peringkat juga dapat dilorot kalau ada indikasi kuat dukung lemah dari Mind ID. Itu dipicu kontribusi menurun terhadap grup, atau jika terbukti tidak ada dukungan grup kepada perseroan kala mengalami kesulitan keuangan. 

Bukit Asam merupakan perusahaan pertambangan batu bara dengan fokus mendukung ketahanan energi nasional. Operasi penambangan utama berada di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Pada 30 Juni 2024, saham kelas A dimiliki Pemerintah Indonesia, dan saham kelas B dimiliki Mind ID 65,9 persen, masyarakat 33,8 persen, dan saham treasuri 0,3 persen. (*)