EmitenNews.com - PT Sarana Mitra Luas Tbk (SMIL) mendapat peringkat idA, dengan prospek stabil, dari PEFINDO. Itu berarti posisi pasar SMIL kuat dalam bisnis penyewaan forklift, margin laba yang kuat, dan profil keuangan yang kuat. 

Peringkat perusahaan dibatasi oleh eksposur terhadap periode penagihan yang panjang dan persaingan yang ketat di industri.

Peringkat dapat dinaikkan jika SMIL secara signifikan memperkuat posisi bisnisnya, dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan dan EBITDA yang kuat, dengan tetap mempertahankan profil keuangan yang kuat. 

Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan jika kinerja operasional melemah atau jika perusahaan menambah utang lebih tinggi dari ekspektasi untuk membiayai belanja modal tanpa dikompensasi oleh prospek bisnis yang lebih kuat.

Didirikan pada tahun 2006, SMIL bergerak dalam bisnis penyewaan forklift. Perusahaan memiliki jaringan lima bengkel, semua berlokasi di Cikarang. Per 31 Mei 2024, pemegang sahamnya adalah Hadi Suhermin (48,0%), Lucia Irawaty Lie (24,0%), Winston Suhermin (8,0%), dan publik (20,0%). ***