EmitenNews.com - Pemerintah memastikan akan terus membiayai berbagi proyek strategis nasional. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan terus digunakan untuk membangun berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN).


Salah satunya, APBN disalurkan kepada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk melakukan pembebasan lahan guna pembangunan PSN.


APBN juga mengalokasikan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Adhi Karya sebesar Rp1,40 triliun untuk menggarap proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.


"PT Adhi Karya mendapatkan PMN Rp1,40 triliun, harus ada kontrak kinerja mengenai proyek di mana lokasinya dan berapa anggarannya sehingga kita bisa juga bersama Kementerian BUMN melakukan monitoring," tuturnya dalam kunjungan kerja ke Tol Solo-Yogyakarta, Senin (27/2/2023).


Pada acara yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo rampung pada 2024. Ia menyebutkan, dari Solo ke Yogyakarta pembebasan lahan 94 persen dan 74 persen lahannya.


“Pembebasan lahan akan diselesaikan pada triwulan pertama 2023. Proyek fisiknya sudah 49 persen sehingga tinggal 51 persen, insya Allah Desember selesai," kata Basuki Hadimuljono. ***