EmitenNews.com -Puluhan pelari berhasil menyelesaikan misi berlari untuk kebaikan di acara Run for Zero Thalassemia pada Sabtu, 14 Januari 2023. Dengan ditandai flag off oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Sabang, Kolonel Laut Ali Setiandy, M.Tr (Han), MM di depan Casanemo Beach Resort, para pelari berlari menuju garis finish di Tugu Nol Kilometer Sabang, dengan total jarak tempuh sejauh 47 KM. Berlari mengelilingi kota Sabang dengan rute turunan dan tanjakan yang menantang, para peserta yang terdiri dari pelari amal dengan latar belakang berbagai profesi dan dari beberapa daerah, beserta 11 prajurit LANAL Sabang mampu menyelesaikan apa yang telah dimulai.


Kegiatan Run for Zero Thalassemia digagas oleh Yayasan Darah untuk Aceh (YADUA) untuk mengkampanyekan #ZeroThalassemia dan #StopThalassemia, karena provinsi Aceh merupakan daerah dengan prevalensi tertinggi yaitu 13,4% (data Riskesdas 2007). Dilatarbelakangi hal tersebut, para pelari melakukan penggalangan dana untuk membantu para penyintas thalassemia di Aceh, baik untuk pengobatan, dan sosialisasi pencegahan yaitu dengan menyuarakan langkah preventif skrining thalassemia sebelum menikah untuk menekan dan mengurangi jumlah kelahiran dengan thalassemia.


Walikota Sabang, Drs. Reza Fahlevi, M.Si. saat menerima para pelari dalam jamuan makan malam setelah lari menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelari Run for Zero Thalassemia atas donasi yang terkumpul, sekaligus telah mengangkat isu thalassemia agar menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat. Beliau juga berharap akan ada kegiatan lari yang lebih besar untuk mempromosikan pariwisata di Sabang.


Sampai dengan saat ini jumlah donasi yang masuk melalui fundraiser ayobantu.com sebesar Rp248.776.789 dan masih ada kesempatan untuk berdonasi sampai dengan akhir Januari 2023.