EmitenNews.com  — PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA) emiten jasa pengurusan transportasi dan angkutan multimoda transportasi mengubah rencana pembelian 138 truk Hino Menjadi 133 unit iso tank. PURA dalam hal ini melakukan pembelian 133 unit iso tank dengan total nilai sebesar Rp 132,8 miliar pada Senin (27/6/2022).

 

Corporate Secretary PURA Ratna Hidayati menuturkan, dalam perjalanan bisnis selama pandemi Covid-19 ini, perseroan menilai ada potensi bisnis yang lebih sustain dengan angkutan multimoda yang diterapkan saat ini, yaitu menggabungkan penggunaan truk dengan kereta. Dengan menggunakan kereta, perseroan tidak perlu menambah lebih banyak truk, tetapi yang diperlukan adalah penambahan iso tank atau pun kontainer yang bisa digunakan sebagai gerbong dengan jumlah angkut lebih banyak. Waktu tempuh juga lebih cepat menggunakan kereta, sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi mitra perseroan.

 

"Dengan penerapan ini, pendapatan bisa lebih tinggi. Hal ini mendorong kami mengevaluasi rencana pembelian truk yang seharusnya diserahterimakan tahun 2021 dan 2022 dengan mengubah rencana tersebut dengan pembelian iso tank," ujarnya dalam keterbukaan informasi BEI, Senin (27/6/2022).

 

Lebih lanjut Ratna memaparkan pembelian iso tank ini dapat memberikan dampak positif, yaitu peningkatan permintaan pengangkutan barang likuid sehingga akan meningkatkan pendapatan pada masa datang, serta memberikan value bagi perseroan.

"Berdasarkan proyeksi, jika perubahan rencana transaksi menjadi pembelian 133 unit iso tank terlaksana, maka kinerja keuangan PURA pada masa depan akan lebih baik, yang tercermin dari peningkatan laba bersih yang akan diterima oleh PURA pada masa depan, di mana PURA akan memperoleh akumulasi laba bersih sebesar Rp 112,81 miliar," sebutnya.

 

Transaksi ini jelas Ratna dapat memberikan manfaat bagi perseroan, di antaranya mengoptimalkan kemampuan pengiriman perseroan dengan meningkatkan sarana angkutan multimoda menggunakan kereta untuk kegiatan operasional, memberikan dampak positif, yaitu peningkatan permintaan pengangkutan barang likuid sehingga akan meningkatkan pendapatan perseroan pada masa datang,dan memberikan value bagi perseroan.

 

"Selain itu, transaksi ditujukan perseroan dalam rangka mendukung operasional perseroan melalui pembelian iso tank untuk pengiriman menggunakan angkutan multimoda dan kebijakan pemerintah dalam upaya mengurangi emisi kendaraan," tambahnya.

 

Dalam pelaksanaan perubahan pembelian truk dengan menjadi iso tank, PURA berencana melakukan addendum Perjanjian Kerjasama dengan PT Rajawali Inti setelah mendapatkan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat, 22 Juli 2022 mendatang.