EmitenNews.com - Badan Penyelenggara Jaminan sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Mampang melakukan kunjungan ke sejumlah gudang Lazada dalam rangka mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan. 


Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Mampang Ivan Sahat H Pandjaitan mengungkapkan, sosialisasi tersebut digelar secara roadshow sejak tanggal 21-29 Juli 2022 di sebagian besar gudang Lazada.


Sebelum melakukan sosialisasi, Ivan menyebut pihaknya mendapatkan informasi dari pihak Lazada bahwa masih banyak kurir belum memahami program perlindungan sosial ketenagakerjaan. ”Roadshow sosialisasi itu, atas dasar survey yang dilakukan lazada ke mitra kurirnya sebagian besar menolak untuk ikut BPJS Ketenagakerjaan atau belum mengerti apa itu BPJS TK," ujar Ivan di Jakarta, Jumat (29/7). 


”Jadi, kita kunjungi karena bisa saja mereka belum memahami manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Harapannya adalah agar mereka semua ikut serta dalam program BPU BPJS TK sebagai Mitra Kurir Lazada Logistik," imbuh Ivan.


Dalam penyampaian sosialisasinya, dijelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki 5 program perlindungan bagi pesertanya yakni ada JHT( Jaminan Hari Tua), JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (jaminan Kematian), JP (Jaminan Pensiun) yang terbaru yakni JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan


"Program ini juga bisa untuk memberikan perlindungan kepada para mitra kurir di Lazada bisa dilindungi dengan dua program yakni Jaminanan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian hanya dengan membayar Rp16.800," ucap Ivan


Ivan juga menjelaskan manfaat yang diterima oleh peserta dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) adalah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja mulai dari perjalanan pergi, pulang dan di tempat kerja, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48x upah.


Santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56x upah, dan bantuan beasiswa maksimal sebesar Rp174 juta untuk maksimal dua orang anak sejak masuk taman kanak-kanak (TK) hingga anak pekerja lulus dari bangku kuliah.


Sedangkan program Jaminan Kematian memberikan manfaat berupa santunan kepada ahli waris sebesar Rp42 juta yang terdiri dari santunan kematian yang diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan serta bantuan biaya pemakaman. Ditambah dengan bantuan beasiswa yang sama dengan manfaat JKK yaitu untuk 2 orang anak dengan maksimal Rp174 juta. 


Dengan adanya sosialisasi tersebut, Ivan berharap para mitra kurir Lazada bisa bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. ”Karena kita tahu para kurir memiliki risiko kerja yang besar. Maka dari itu, kami harap mereka bisa mendaftarkan diri sebagai peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan atau mereka bisa tenang dalam menjalankan pekerjaan," ungkapnya


Di sisi lain, Ivan mengapresiasi pihak Lazada yang telah membuka kesempatan bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan edukasi kepada para mitra kurir. ”Kami ucapkan terima kasih kepada manajemen Lazada telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan semoga kerjasama ini akan terjalin harmonis," tandas Ivan. (*)