EmitenNews.com - Real Madrid menjadi klub sepakbola pertama yang pendapatannya melebihi satu miliar euro. Pendapatan klub ibukota Spanyol itu untuk musim 2023/24, tidak termasuk transfer pemain menapai 1,073 miliar euro, atau meningkat sekitar 27% dari tahun lalu.


Real Madrid mencapai laba sebesar 16 juta euro untuk tahun anggaran 2023/24. Klub ini mempertahankan posisi keuangan yang baik dengan modal bersih sebesar 574 juta euro.


Dalam ringkasan keuangan yang diunggah di laman klub disebutkan pendapatan Real Madrid tahun 2023/24 tercatat 1,073 miliar euro, naik dari 2022/23 yang sebesar 843 juta euro. Ekuitas bersih per 30 Juni tercatat 574,1 juta euro, naik dari sebelumnya 558,1 juta euro. Utang bersih per Juni sebesar 8,5 juta euro, naik dari sebelumnya -46,8 juta euro.


Klub tersukses di ajang Liga Champion ini pada 2023/24 merogoh investasi hingga 1,162 miliar euro untuk proyek renovasi stadion kebanggaan mereka, Santiago Bernabeau. Bertambah dari tahun sebelumnya 892,7 juta euro. Hampir seluruh investasi tersebut berstatus pinjaman, yakni 1,154 miliar euro.


Dalam periode ini, meskipun stadion belum beroperasi penuh, Klub telah berhasil melampaui angka satu miliar euro dalam pendapatan operasional sebelum penjualan aset tetap. Ini merupakan angka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub sepak bola mana pun.


Setiap lini bisnis mengalami pertumbuhan, kecuali hak siar, di mana pendapatan yang diterima dari LaLiga pada musim 2023/24 lebih rendah daripada musim 2022/23. Keuntungan dalam pemasaran dan stadion sangat menonjol.


Dari perspektif komersial, Klub telah meningkatkan aktivitas pemasaran dan sponsor secara signifikan selama tahun keuangan 2023/24. Elemen penting terkait dengan yang terakhir adalah kesepakatan baru dengan HP untuk menjadi sponsor lengan tim.


Mengenai stadion, meskipun elemen bisnis yang terkait dengan renovasi belum sepenuhnya selesai, telah terjadi peningkatan progresif dalam hal kapasitas dan operasi komersial sepanjang tahun. Hal ini melihat dimulainya area bisnis baru di bagian akhir siklus keuangan, khususnya menjadi tuan rumah acara besar dan penawaran premium baru dengan pengalaman VIP baru.


Semua ini menghasilkan peningkatan signifikan dalam pendapatan terkait stadion, meskipun baru pada tahun 2024/25 stadion akan beroperasi penuh di setiap area bisnis. Terakhir, pendapatan dari kompetisi internasional mengalami peningkatan menyusul kemenangan di Liga Champions (semifinalis tahun lalu).


Dewan Direksi Real Madrid, yang bertemu pada tanggal 23 Juli, telah menyiapkan laporan tahunan untuk tahun keuangan 2023-2024.


Di lapangan, tim utama sepak bola memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya dalam periode 2014-2024, serta gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol. Tim utama bola basket memenangkan Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, serta mencapai final EuroLeague.


Semua ini berkontribusi pada peningkatan pendapatan, tetapi juga biaya yang lebih tinggi, khususnya yang terkait dengan bonus skuad olahraga.(*)