EmitenNews.com - Forbes, media global yang berfokus pada bisnis, investasi, teknologi, leadership dan dan gaya hidup pekan ini baru saja merilis daftar klub sepakbola termahal di dunia atau Most Valuable Football Clubs.


Dalam daftar terbaru klub sepakbola termahal sejagat, klub terkemuka asal Spanyol, Real Madrid, menggeser posisi klub terkemuka Inggris, Manchester United (MU) dari posisi jawara. Forbes melansir Madrid yang awal Juni 2024 ini bakal memperebutkan gelar Liga Champions mereka ke-15 memiliki nilai pasar USD6,6 miliar, setelah mengamankan pertumbuhan sembilan persen selama setahun terakhir.


Mengingat bintang klub Paris Saint Germain (PSG) Kylian Mbappe kemungkinan besar bergabung dengan klub berjuluk Los Blancos ini pada bulan depan, posisi Madrid di tempat teratas sebagai klub sepakbola termahal versi Forbes mungkin tidak akan segera mereka tinggalkan dalam waktu dekat.


Manchester United turun ke posisi kedua setelah sang bos, Jim Ratcliffe membayar USD6,5 miliar untuk sebagian saham tim yang memecahkan rekor harga yang dibayarkan, di mana pembeli juga menerima hak operasi. Dengan nilai pasar USD6,55 miliar, klub berjuluk Setan Merah ini hanya terpaut tipis di belakang raksasa La Liga, Real Madrid.


Berikut urutan terbaru peringkat Most Valuable Footbal Clubs terbaru Forbes.


1. Real Madrid (La Liga) - USD6,6 miliar

2. Manchester United (Premier League) - USD6,55 miliar

3. Barcelona (La Liga) - USD5,6 miliar

4. Liverpool (Premier League) - USD5,37 miliar

5. Manchester City (Premier League) - USD5,1 miliar

6. Bayern Munich (Bundesliga) - USD5 miliar

7. Paris Saint Germain (League 1) USD4,4 miliar

8. Tottenham Hotspur (Premier League) USD3,2 miliar

9. Chelsea (Premier League) USD3,1 miliar

10. Arsenal (Premier League) USD2,6 miliar


Meski posisi teratas digeser Real Madrid, deretan klub sepbola termahal dunia versi Forbes masih didominasi klub asal Inggris. Karena Liga Premeir memiliki 12 klub terkaya versi Forbes, sesuatu yang berkorelasi langsung dengan nilai tahunan rata-rata kesepakatan TV mereka yang dua kali lipat dari nilai rata-rata kesepakatan di kompetisi La Liga. Liga Premier atau EPL memiliki AAV sebesar USD4,215 juta, diikuti oleh La Liga sebesar USD2,191 juta.


Bahkan jika dilihat dari 10 besar, dominasi Liga Premier terlihat jelas karena enam dari 10 tim paling berharga di dunia berada di Inggris. Gelar liga tidak memberikan banyak perbedaan karena Manchester City telah memenangkan enam dari tujuh gelar Liga Premier terakhir, tetapi tim seperti Tottenham dan Chelsea masih kompetitif dengan tim yang memenangkan liga setiap tahunnya. Barcelona juga tidak mengalami penurunan peringkat meskipun ada masalah keuangan seputar mendatangkan pemain baru.