EmitenNews.com—PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk. (TOOL) melakukan pembelian aset berupa 2 unit Gudang dan 3 unit rumah Kantor (Rukan) pada tanggal 21 September 2022.


Manajemen TOOL dalam keterbukaan informasi, menuturkan bahwa TOOL membeli 2 unit Gudang yang beralamat di Pergudangan Kosambi Permai, Jalan Raya Perancis, Blok J No. 31-32, Desa Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, 15211.


Selanjutnya Perseroan juga membeli 3 unit rukan, yang beralamat di Komplek Ruko Mahkota Ancol, Blok B No. 56, Blok C No.56, dan Blok E No.33, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.


Lebih lanjut Manajemen TOOL menjelaskan bahwa pembelian dilakukan TOOL dari Ronald Hartono Tan yang merupakan Direktur Utama TOOL dengan total nilai transaksi sebesar Rp25 miliar sehingga merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK nomor 42/2020.


Pembelian aset ini sebagai implementasi atas rencana penggunaan dana Perseroan dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham yang telah memperoleh pernyataan efektif dari OJK berdasarkan Surat Nomor: S-154/D.04/2022 tanggal 29 Juli 2022 dan merupakan pengembangan untuk kegiatan operasional Perseroan, yang mana saat ini Perseroan melakukan kegiatan usahanya di Kabupaten Tangerang masih menggunakan bangunan/gudang yang disewa.


Dengan dilakukannya Transaksi pembelian gudang ini dapat menghemat biaya sewa dan meningkatkan asset Perseroan. Pembelian rukan dapat digunakan untuk pengembangan kegiatan usaha serta akan menjadi sub point pengiriman wilayah Jakarta dan/atau untuk tempat penyimpanan produk-produk sehingga pembelian rukan ini dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan asset Perseroan.


Transaksi juga merupakan transaksi material yang tidak memerlukan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham sesuai regulasi OJK dalam POJK 17/2020, karena nilai Transaksi lebih dari 20% namun tidak lebih dari 50% dari ekuitas Perseroan.


"Transaksi ini dapat mendorong peningkatan kinerja Perseroan, yang pada akhirnya dapat menghasilkan nilai tambah bagi para pemegang saham,"tuturnya.


Lebih lanjut atas Transaksi pembelian rukan, Perseroan bermaksud untuk melakukan pengembangan operasional di wilayah Jakarta, khususnya di Jakarta Utara karena dekat dengan akses Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Sunda Kelapa, serta dekat dengan pusat pembelanjaan peralatan alat rumah tangga dan perkakas seperti Pasar Asemka, ITC Mangga Dua dll, sehingga distribusi barang dari Perseroan ke tempat pusat perbelanjaan tersebut menjadi dekat.


TOOL mempunyai pertimbangan apabila transaksi tersebut dilakukan dengan pihak lain, maka Perseroan harus mengurus perizinan yang berkaitan dengan lokasi usaha dan harus memindahkan ribuan bahkan ratusan ribu produk-produk Perseroan ke tempat baru, sehingga dapat menghambat operasional.


Manajemen TOOL menambahkan Pembelian Rukan dapat menghemat biaya pengangkutan, sehingga pembelian rukan telah memenuhi kriteria yang tepat sehubungan dengan rencana pengembangan operasional di wilayah Jakarta.