EmitenNews.com - PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL)  menyambut tahun 2022 dengan pembukaan operasional RS Hermina Cilegon pada Selasa 18 Januari 2022. Rumah Sakit Hermina Cilegon adalah Rumah Sakit Umum tipe C, dengan master plan empat lantai, dengan visi :  Menjadikan RS Hermina Cilegon sebagai Rumah Sakit yang tumbuh, sehat dan terkemuka di wilayah cakupannya dengan unggulan pelayanan kesehatan ibu dan anak serta mampu bersaing di era globalisasi, yang memberikan layanan yang berfokus pada pasien dengan mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.


Hadir dalam peresmian RS Hermina Cilegon yaitu Walikota Cilegon  Helldy Agustian, dalam sambutannya Dia mengatakan bahwa pihak Hermina dan Pemkot Cilegon telah bersepakat untuk mengupayakan agar tenaga kerjanya itu adalah sebagian besar orang Cilegon.


Sebagaimana Rumah Sakit Anak Perusahaan PT. Medikaloka Hermina Tbk lainnya, RS Hermina Cilegon melayani  pasien umum / Non BPJS dan akan melayani pasien BPJS, baik rawat jalan maupun rawat inap dengan fasilitas pelayanan kesehatan meliputi Instalasi Gawat Darurat, Poliklinik spesialis / sub spesialis ( Obsgyn,  Anak,  Penyakit Dalam,   Bedah,  Mata,  THT,  Syaraf, Jantung, bedah syaraf, bedah tulang/ orthopedi, Psikiatrik,  Kulit Kelamin,  Paru,  Gigi dan  Spesialis lain) dan klinik lain seperti pelayanan unggulan Perinatologi, Klinik Tumbuh Kembang dan Gigi Spesialistik. 


Fasilitas rawat inap terdiri dari kelas Super VIP Room,  VIP,  kelas I,  II  dan  III, dimana kelas III tersedia  30% dari jumlah tempat tidur serta didukung Pelayanan Intensif (CU/ NICU/ PICU).


Untuk mendukung pelayanan dilengkapi Kamar Operasi dan Kamar Bersalin serta fasilitas penunjang medis antara lain Laboratorium, Radiologi,  Farmasi/Apotik dan  Rehabilitasi Medik  & Klinik Tumbuh Kembang  ( Fisioterapi, Terapi Wicara,  Terapi Okupasi,  Sensori Integrasi  dan  Snoozelen) serta pelayanan lain  berupa  kunjungan  rumah,  kursus  prapersalinan,  senam hamil,  konsultasi laktasi,  senam nifas,  kursus pijat bayi,  seminar kesehatan,  pelayanan ambulans  dan lain-lain. 


PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) rencananya pada tahun ini akan kembali meresmikan dua rumah sakit baru lagi di Soreang, Kabupaten Bandung Barat dan Tasikmalaya dengan tipe yang sama yaitu tipe C yang difasilitasi dengan 100 tempat tidur.


Untuk menopang pengembangan bisnis rumah sakit tersebut perseroan telah menyiagakan belanja modal atau Capex sebesar Rp1,5 triliun, kata Hasmoro Direktur Utama HEAL, pada peresmian RS Hermina  Cilegon, Selasa (18/1/2022).


Adapun untuk setiap unit rumah sakit diperkirakan memerlukan biaya investasi sebesar Rp200 miliar. Saat ini, Hermina (HEAL) telah mengelola sebanyak 43 rumah sakit yang dapat ditemukan di 34 lokasi di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.


Sang Direktur Utama menambahkan, bahwa perseroan di tahun 2021 mencatatkan kinerja sangat positif dengan perolehan pendapatan sekitar Rp6 triliun.


Sedangkan untuk rumah sakit Hermina Cilegon sendiri di tahun pertama nya diproyeksikan okupansi keterisian bad sekitar 25-30 persen dari total kapasitas rumah sakit dan target HEAL. Untuk setiap rumah sakit biasanya akan memberikan kontribusi profit setelah 4-5 tahun beroperasi.


Namun, Hasmoro mengatakan bahwa untuk tahun ini mungkin pendapatan akan sedikit lebih rendah karena dampak Pandemi yang sudah mulai mereda. Hal itu disebabkan oleh varian Omicron yang tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit dan hanya perlu perawatan intensif di rumah saja.


HEAL menegaskan komitmennya untuk tetap melakukan prokes ketat terhadap karyawannya, karena pelayanan harus tetap berjalan demi memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Walaupun menurut dr. Hasmoro. Sp.An,KIC,MHA, MM Sebagai Direktur perseroan, bahwa gejala Omicron terlihat lebih rendah, tidak seganas varian sebelumnya. Namun, tingkat penularan varian Omicron memang lebih cepat.


Sebagai langkah bisnis dalam jangka menengah, Hermina (HEAL) menargetkan penambahan beberapa rumah sakit baru di Ciawi, Aceh dan Samarinda untuk tahun 2023 mendatang. Spesifikasi rumah sakit yang dibangun diperkirakan bakal sama dengan beberapa rumah sakit yang saat ini sedang dalam proyek pembangunan ,yaitu tipe C berhasil lengkap dengan 100 tempat tidur.


Sementara untuk ekspansi di lokasi calon Ibu kota baru, Medikaloka Hermina (HEAL) menegaskan bahwa perseroan belum memiliki minat untuk membangun fasilitas rumah sakit disana. Karena Jumlah penduduk yang masih sangat sedikit dan perseroan juga telah memilih RS Hermina di Balikpapan.


"Pembangunan Rumah Sakit Hermina di Cilegon diharapkan tentunya kehadiran Hermina di kota Cilegon ini sangat bermanfaat untuk masyarakat kota Cilegon khusus," tutup Hasmoro.