EmitenNews.com - IHSG berpotensi kembali uji resistance 6930, sebelum melanjutkan penguatannya ke 6950-6965 pada perdagangan awal pekan Senin (14/3) ini.


Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan di perdagangan hari ini pelaku pasar diperkirakan masih fokus pada saham-saham commodities-related dan construction-related di awal pekan.

"Pelaku pasar cenderung memanfaatkan peluang technical rebound pada saham-saham komoditas," katanya.

ADRO, PTBA, ADHI, PTPP, WIKA dan WSKT diperkirakan masih berpeluang menguat di awal pekan, sebelum memasuki fase konsolidasi.

Kabar kegagalan pertemuan Menteri Luar Negeri Rusia dan Ukraina dalam mencapai hasil konkret pada Kamis (10/3) waktu setempat memicu ekspektasi bahwa harga komoditas akan kembali menguat setelah sempat terkoreksi di Rabu (9/3) dan Kamis.

Dari dalam negeri, antisipasi groundbreaking IKN pasca penunjukan Kepala Otorita IKN memicu berlanjutnya akumulasi beli pada saham-saham consutruction related.

Sementara saham-saham bank diperkirakan masih akan fluktuatif jelang pengumuman hasil FOMC the Fed (16/3). The Fed diperkirakan mengumumkan kenaikan pertama suku bunga acuan selama periode pandemi.

Dengan demikian, menurut Valdy, saham-saham defensif (telco dan consumer), seperti TLKM, CMRY, SIDO, LSIP dan SSMS dapat diperhatikan.(fj)