EmitenNews.com - Samindo Resources (MYOH) memperpanjang pinjaman kepada anak usaha Rp100 miliar. Durasi pinjaman diluir menjadi 11 Mei 2026. Awalnya, pinjaman akan berakhir pada 11 Mei 2023 dari tanggal pinjaman semula 11 Mei 2022.


Fasilitas pinjaman kepada enak usaha yaitu SIMS Jaya Kaltim itu, dengan bunga akan dibayar setiap tiga bulan. Lalu, pokok pinjaman akan dibayar pada akhir periode pinjaman. ”Transaksi perpanjang telah diteken pada 11 Mei 2023,” tulis Ahmad Zaki Natsir, Corporate Secretary Samindo Resources. 


SIMS Jaya Kaltim, merupakan anak usaha perseroan dengan porsi kepemilikan saham 99 persen dari seluruh modal ditempatkan, dan disetor oleh SIMS. Oleh Karena itu, perseroan tidak wajib menggunakan tim penilai, dan mengantongi persetujuan pemegang saham independen. 


Sebagai gantinya, perseroan cukup mengumumkan keterbukaan informasi kepada masyarakat, dan melaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). ”Transaksi afiliasi dilakukan untuk memenuhi likuiditas anak usaha perseroan dalam melakukan kegiatan operasional,” imbuhnya. (*)