EmitenNews.com - Minggu (5/3/2023), pukul 16.26 WIB, selesailah acara SatuKata Peduli 3 bertepatan dengan pelari terakhir full course yang memasuki garis finish, di Curuq Sewu. Sorak sorai semua panitia, peserta dan beberapa anak-anak SLB yang menyambut di finish menambah suasana haru sore itu. Selesai sudah acara yang digelar sejak Sabtu (4/3/2023).


Rangkaian acara yang dirancang oleh 110 panitia volunteer sedari beberapa bulan lalu dimulai dari pengambilan race pack di Pendopo Kabupaten Kendal, dari Sabtu, Maret 2023, jam 10.00 WIB. Peserta yang datang dari berbagai daerah antara lain dari Aceh, Padang, Jakarta, Tangerang, Bogor, Salatiga, Jogja, Malang, Bali serta tuan rumah, berkumpul seakan ‘reuni’ para pelari itu dimulai.


Serangkaian acara di dalam Pendopo, termasuk makan siang bersama, dimeriahkan oleh tampilan dari anak-anak SLB dan dari peserta yaitu Marko dan Udin Mike’s. Tak mau kalah, Bupati Kendal,  Dico M. Ganinduto, hadir memberikan sambutan sekaligus memberikan semangat kepada para pelari.


Sebanyak 46 pelari Full Stage 105 km dan 5 pelari Half Stage 60 km disambut tarian barongan sebelum tanda start dibunyikan pukul 14. 57 WIB. Awal perjalanan disambut dengan sedikit hujan namun tidak menggentarkan semangat para pelari untuk menyelesaikan kilometer demi kilometer. Antusias warga sekitar juga tidak mau kalah dengan terus memberikan semangat di sepanjang rute.


Malam pun tak menghalangi mereka berjuang ditambah kawalan marshal dan para petugas kepolisian dan anggota dishub di tempat-tempat tertentu. Layanan semua panitia di Water Station dan Check Point membawa para pelari 60k finish di Curug Sewu tepat pada waktunya. Dan saat itu juga pelari Full Stage menyelesaikan separuh bagiannya. Pukul 04.58 giliran Sekda Kendal, Sugiono, melepas para pelari half stage 45 km sejumlah 28 orang. 


Rute menantang berikutnya yang disajikan panitia melewati daerah Plantungan, Ngargosari, Pakisan. Meski pun elevasi menguras tenaga para pelari namun pemandangan yang disajikan setidaknya mengobati kelelahan mereka.


Para pelari tidak hanya menyelesaikan tugas mereka berlari tepat waktu, tetapi juga berhasil mengumpulkan donasi dengan angka fantastis hampir mencapai Rp400juta. Donasi masih akan dibuka sampai 12 Maret 2023.


Selamat kepada semua pelari dan semua panitia yang sudah bekerja keras. Sampai ketemu di event selanjutnya!. ***