EmitenNews.com - Sebanyak 4 seksi ruas Jalan Tol Sigli - Banda Aceh sepanjang 35 kilometer yang dibangun sejak 2019, dengan biaya Rp13,5 triliun, resmi beroperasi. Empat ruas jalan tol itu –seksi 2 Seulimum-Jantho, seksi 3 Jantho - Indrapuri, seksi 5 Blang Bintang - Kuta Baro dan seksi 6 rute Kuta Baro - Baitussalam– Senin (9/9/2024). Setelah itu Presiden buka PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh. 

"Hari ini kita meresmikan empat dari enam seksi jalan tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 35 kilometer yang dibangun sejak 2019 dan menelan biaya Rp13,5 triliun," kata Presiden Jokowi, Senin (9/9/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meyakini jalan tol ini akan menumbuhkan perekonomian, tempat-tempat usaha baru dan membangkitkan ekonomi warga di Aceh.

Selain itu pembangunan infrastruktur jalan tol ini juga untuk meningkatkan konektivitas jarak tempuh.

Sehingga pihaknya terus melakukan percepatan dan pembangunan yang nantinya akan tersambung mulai dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.998 kilometer.

"Saya yakin infrastruktur yang penting ini juga akan menumbuhkan nantinya titik -titik pertumbuhan ekonomi baru, menumbuhkan usaha baru, memotivasi usaha kecil usaha mikro untuk membangkitkan perekonomian Nanggroe Aceh," katanya.

Menurut Jokowi, Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari pembangunan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.998 kilometer. Jalan itu akan menghubungkan Lampung hingga Aceh. 

Diharapkan jalan Tol Trans Sumatera akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di pulau Sumatera serta meningkatkan efisiensi waktu tempuh dan tentunya meningkatkan multiplayer efek bagi masyarakat.

“Karena itu kita akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan jalan tol ini,” kata Jokowi.

Setelah dari jalan tol, Presiden Jokowi dan rombongan, langsung bertolak ke Stadion H Dimurthala Banda Aceh. Di sini Presiden meresmikan rehabilitasi, renovasi, dan pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh.

Selanjutnya, Presiden menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Setelah semua rangkaian acara itu, Presiden Jokowi membuka pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh. 

Selama acara itu semua, selain Menpora Dito Ariotedjo, dan sejumlah pejabat lainnya, ikut mendampingi Presiden Jokowi, Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal ZA. Dimulai dari peresmian empat ruas tol Sigli-Banda Aceh, Senin pagi. ***