EmitenNews.com - PT PP (PTPP) meresmikan proyek penataan kawasan taman Balekambang, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Proyek penataan alias revitalisasi kawasan seluas 128 ribu meter persegi (m2), dan luas bangunan 22.0251 m2 itu, memiliki nilai kontrak sebesar Rp170,09 miliar. 

Proyek ini merupakan Kerja Sama Operasi (KSO) antara PTPP dan PT Pijar Utama. Gedung pertunjukan Taman Balekambang mendapat piagam penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilan sebagai gedung pertunjukan pertama dengan fasilitas kursi teleskopik terbanyak. 

Manfaat penataan kawasan itu, sebagai usaha perlindungan kawasan cagar budaya, peningkatan sarana ruang terbuka hijau, sarana edukasi, dan hiburan masyarakat Kota Solo. ”Hari ini kita patut bersyukur, penataan kawasan taman balekambang telah selesai, dan siap dibuka untuk umum,” tutur Kyai Ma’ruf Amin, Wakil Presiden kala meresmikan taman tersebut. 

Upaya dan kesungguhan negara memenuhi hak, dan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia, pemerintah terus berkomitmen mengembangkan infrastruktur hijau berbagai wilayah Indonesia. Salah satunya dengan membangun kawasan hijau, dan ruang terbuka hijau daerah perkotaan. 

Kehadiran taman balekambang itu, diharap dapat berperan penting menjaga ekologis, kelestarian lingkungan, mampu menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan domestik, dan manca-negara. ”Jadi, taman ini dapat membawa manfaat signifikan bagi masyarakat, lingkungan, dan perekonomian,” urai Mustasyar PBNU ini. 

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad menambahkan penyelesaian proyek itu, capaian PTPP dalam membangun kawasan hijau, dan ruang terbuka hijau daerah perkotaan. ”Peresmian proyek itu, menandakan saat ini PTPP tidak hanya mampu membangun infrastruktur skala besar seperti jalan tol, Bendungan, Bandara, atau Pelabuhan, namun juga penataan kawasan hijau perkotaan,” jelas Novel. 

Tentu, PTPP akan terus mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam pembangunan Infrastruktur hijau dalam negeri, dengan kompetensi, dan pengalaman keberhasilan PTPP pada proyek-proyek sebelumnya, untuk dapat menciptakan lingkungan tertata, berkualitas, berkelanjutan (sustainability), dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pada acara peresmian itu, turut mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pj. Walikota Surakarta Teguh Prakosa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, dan Direktur Indria Group S. Hartanto. (*)