EmitenNews.com - Sekar Laut (SKLT) kedatangan investor strategis. Ya, investor anyar itu tidak lain yaitu Mitsui & Co, Ltd. Mitsui masuk jejaring perseroan melalui anak usaha PT Pangan Lestari. Melalui kepanjangan tangen perseroan itu, Mitsui menyamai investasi sejumlah Rp150 miliar. 


Injeksi dana dari Mitsui tersebut sebagai setoran modal dalam lingkaran perseroan. ”Transaksi perjanjian telah diteken pada Senin, 16 Oktober 2023,” tutur John Gozal, Direktur Sekar Laut. 


Menyusul transaksi itu, konfigurasi pemegang saham Pangan Lestari mengalami perubahan. Di mana, tabungan saham perseroan di Pangan Lestari menjadi 77,8 persen dari semula 99,9 persen. Dan, Mitsui menguasai 22,1 persen dari sebelum transaksi dengan koleksi nihil. 


Transaksi antara perseroan dengan Mitsui itu, diklaim bukan masuk wilayah afiliasi. Perseroan tidak ada relasi dengan Mitsui sebagai investor strategis. Selain itu, transaksi tersebut juga tidak mengandung benturan kepentingan. Pendeknya, transaksi itu murni bisnis sesuai kaidah umum. 


Perseroan berharap transaksi tersebut akan rampung sebelum tutup tahun ini. Artinya, penyelesaian transaksi akan dituntaskan sebelum 31 Desember 2023. Tentu dengan syarat, dan ketentuan da?am transaksi terpenuhi. (*)