EmitenNews.com - PT Bukalapak.com (BUKA) menyetor modal Allo Fresh Indonesia (AFI) senilai Rp777,77 miliar. Itu sebagai konsekuensi dari kepemilikan 35 persen saham AFI atau 77.531.126 alias 77,53 juta lembar dengan nilai nominal Rp77,53 miliar.


Ya, AFI merupakan usaha patungan hasil kerja bareng dengan PT Trans Retail Indonesia (Trans Retail), dan Berani Investment Pte. Ltd (BIP). Trans Retail menguasai 55 persen atau 121,83 juta lembar saham AFI dengan nilai nominal Rp121,83 miliar, dan BIP mengempit 22,15 juta lembar atau 10 persen dengan nilai nominal Rp22,15 miliar. 


”Dana setoran modal untuk berinvestasi pada PT Allo Fresh Indonesia dari kas internal perseroan,” tutur Perdana A Saputro, Corporate Secretary Bukalapak, Rabu (2/3).


Bukalapak mengklaim, transaksi kemitraan dengan Trans Retail akan menciptakan kerja sama solid, dan menguntungkan saat dikombinasikan dengan kekuatan teknologi besutan perseroan. Dengan begitu, pelanggan AlloFresh dapat dengan mudah melakukan pemesanan baik melalui aplikasi atau website online maupun melalui fitur “Click & Go” di toko-toko TRANSMart di seluruh Indonesia. 


”Trans Retail memiliki rangkaian produk luas, hubungan lebih dari 25 tahun dengan pemasok, produsen produk makanan, dan rumah tangga paling populer di Indonesia,” tambah Perdana A Saputro. 


Selain itu, kolaborasi juga akan meningkatkan kepemimpinan Bukalapak pada platform online to offline (O2O), dan memperluas titik kontak bagi pelanggan lebih luas. Inisiatif itu, juga akan memperlebar jangkauan Bukalapak pada ekosistem ritel sebagai bagian dari ekspansi perusahaan dari platform umum ke platform khusus (specialty platform).


Sebelumnya, Bukalapak menilai kemitraan dengan Trans Retail via AlloFresh, sebagai win-win solution bagi seluruh pihak.  Menyusul kolaborasi itu, AlloFresh bisa menawarkan 150 ribu jenis barang kepada konsumen. ”Itu karena infrastruktur, dan pengalaman mendalam Trans Ritel,” tegas President Bukalapak Teddy Oetomo.


Kalau Bukalapak membangun bisnis tersebut tanpa sokong Trans Retail akan butuh biaya tidak sedikit, dan menyedot waktu tidak singkat. Melalui kerja sama itu, Trans Retail berkontribusi dari segi infrastruktur, Bukalapak melalui bidang keahlian yaitu penjualan online e-commerce alias dari sisi teknologi. 


Selanjutnya, AlloFresh akan menambah kekuatan dengan mitra bisnis Bukalapak. Tahap awal, platform tersebut menyasar DKI Jakarta. Berikutnya merambah kota lain dengan dukungan infrastruktur Bukalapak, dan Trans Retail. (*)