EmitenNews.com - Resmi sudah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meletakkan jabatannya. Politikus Partai Golkar itu, resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora usai bertemu Presiden Joko Widodo, Senin (13/3/2023) pagi, yang menyetujui pengunduran dirinya. Sebagai wakil ketua umum PSSI, mendampingi ketua umum Erick Thohir, Zainuddin Amali mengaku siap all out mengurus sepakbola.

 

"Beberapa hari lalu saya sudah menyampaikan surat pengunduran diri, Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) saya janjikan hari Senin ketemu pak Jokowi," ujarnya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (13/3/2023).

 

Kepada pers, Zainudin Amali mengungkapkan, Senin pagi, ia bertemu Presiden Joko Widodo. "Tadi pagi pukul 10.30 WITA saya sudah ketemu dengan pak Presiden. Saya sampaikan surat secara tertulis, kemudian beliau sampaikan sudah menerima itu dan saya diizinkan untuk mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga per hari ini."

 

Zainudin mengaku dirinya akan fokus mengurus sepak bola Indonesia. Dia akan berada di struktur kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai wakil ketua PSSI.

 

"Karena sesuai yang saya sampaikan, saya akan konsentrasi fokus urus PSSI bersama dengan Erick Thohir dan pengurus lainnya dan secara umum fokus dan konsentrasi untuk mengurus sepak bola," ucapnya.

 

Terkait siapa yang akan menjadi penggantinya sebagai Menpora, Zainuddin Amali mengungkapkan, hal itu akan disampaikan Presiden Jokowi. Soal personel menteri memang hak prerogatif Presiden.

 

Secara khusus, Presiden Jokowi memintanya untuk tetap ada di lingkungannya olahraga. "Pak presiden menyampaikan, saya tetap ada di lingkungan olahraga, memberi perhatian pada olahraga. Itu pasti, karena passion saya ada di olahraga, pasti saya gak akan kemana-mana." ***