EmitenNews.com - Sirkuit Mandalika akhirnya diaspal ulang. FIM, Dorna Sports, dan ITDC sepakat melakukan pengaspalan ulang sebagian lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu. Malah, proses pengerjaan sudah berjalan sejak Selasa (15/2/2022). Pembenahan Sirkuit Mandalika itu, paling lambat selesai 10 Maret 2022. Penyelenggaraan seri kedua MotoGP 2022 bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia 18-20 Maret 2022.


Dalam keterangannya, Rabu (16/2/2022), Abdulbar Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan action plan kepada FIM. Jawaban dari Franco Uncini, Grand Prix Safety Officer FIM juga sudah datang.


"Mereka menerima action plan kami dan mereka akan memonitor pembenahan sirkuit ini. Kami selaku pemilik dan pengelola sirkuit, berkomitmen untuk tetap dengan partner kami, PT PP dan RMI, untuk melakukan penyempurnaan sirkuit," ujar Abdulbar Mansoer dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/2/2022).


ITDC dan pihak-pihak lainnya sepakat bahwa MotoGP harus tetap berjalan. Selain itu, ITDC juga akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan semua permintaan FIM dalam waktu satu bulan.


Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (PP) Novel Arsyad mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan peralatan dan material dan sudah berjalan sejak Selasa (15/2/2022). PT PP juga mengaku menggunakan pengawalan khusus untuk cepat sampai di Lombok. "Material dari Palu, berupa batu-batu pecah sudah kita siapkan dan kalau tidak ada halangan besok pagi akan langsung berangkat."


PT PP yakin dapat menyelesaikan pembenahan Sirkuit Mandalika paling lambat 10 Maret 2022. Masih terkejar untuk penyelenggaraan seri kedua MotoGP 2022 dengan tajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022.


Seperti diketahui Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan tes resmi pada 11-13 Februari 2022. Ke depan, sirkuit jalan raya itu akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022. Selama tiga hari tes tersebut, banyak masukan dari pebalap dan pihak terkait. Mulai dari sisi keamanan hingga permukaan lintasan, bagian paling krusial buat balapan.


Selama pengujian, ditemukan dua area yang butuh peningkatan penanganan. Yaitu, kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi sirkuit.


Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang mengawasi homologasi trek juga telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Hasilnya, sebagian Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang. Bagian yang akan dilapis ulang ialah sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5. ITDC memastikan bahwa aspal yang dipakai memenuhi standar MotoGP.


Melihat denah sirkuit maka setidaknya pelapisan ulang itu akan menyentuh enam tikungan. Mulai sebelum tikungan akhir dan masuk jalur lurus atau straight hingga empat tikungan sesudahnya.


"Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut. Semua pihak telah bereaksi dengan cepat. Upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan." Demikian pernyataan tertulis yang dikutip dari MotoGP.com, Selasa (15/2/2022). ***