KB Bukopin
Sawit Sumbermas Sarana

Smartfren (FREN) Akan Tambah Porsi Saham di Moratel (MORA), Ini Alasannya

28/11/2022, 17:20 WIB

Smartfren (FREN) Akan Tambah Porsi Saham di Moratel (MORA), Ini Alasannya

EmitenNews.com - PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) tengah melakukan pembicaraan dengan Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) untuk meningkatkan porsi kepemilikannya pada Moratel.

 

Menurut Direktur FREN, Anthony Susilo bahwa MORA merupakan perusahaan yang bagus, sehat dan potensial. Sehingga FREN akan berupaya meningkatkan porsi kepemilikan pada MORA.

 

“Jadi kami terus berdiskusi dengan pengendalinya (MORA) apakah kita (FREN) bisa menambah porsinya,” kata dia dalam paparan publik secara daring, Senin (28/11/2022).

 

Ia juga bilang, untuk meningkatkan porsi kepemilikan FREN paska terdilusi usai IPO MORA, dapat dilakukan dengan beragam cara.

 

“Mungkin dengan beli saham yang ada, atau jika diperlukan dengan penerbitan saham baru itu masih bagian diskusi awal kami. Tapi dari kami ingin menambah porsi pada MORA,” kata dia.

 

Padahal, dia mengakui, FREN dalam pelaksanaan penawaraan Umum Perdana saham atau IPO pada awal Agustus 2022 tidak ikut membeli saham perdana MORA.

 

“Karena tidak ikut membeli saham IPO, maka porsi kepemilikan kami pada MORA turun 20,5 persen menjadi 18,32 persen,” ungkap dia,

 

Sedangkan dalam komposisi pemegang saham MORA, Candrakarya Multikreasi memegang 40,83 persen dan Gema Lintas Buana mengempit 30,17 persen.

 


Author: K M