EmitenNews.com - PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) berencana untuk melakukan PMHMETD V atau right issue  sebanyak-banyaknya 234.000.000.000 saham biasa atas nama Seri D dengan nilai nominal Rp50 setiap saham.

 

"Dana hasil PMHMETD V, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, untuk pelunasan pinjaman yang dimiliki oleh Perseroan dan/atau modal kerja Perseroan dan/atau entitas anak Perseroan," kata Corporate Secretary FREN, James Wewengkang dalam prospektus yang diterbitkan, Selasa (17/10).

 

Untuk aksi korporasi ini, emiten telekomunikasi grup Sinamas  (FREN) akan minta persetujuan pemegang saham dalam RUPSLB yang  akan diselenggarakan pada tanggal 24 November 2023.

 

Lebih lanjut James menambahkan, Perseroan memperkirakan bahwa rencana penambahan modal dengan memberikan HMETD akan memberikan pengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi Perseroan dan entitas anak. Dalam hal penggunaan dana hasil HMETD digunakan untuk melakukan pembayaran pinjaman Perseroan, maka rasio pinjaman terhadap ekuitas akan menurun dimana selanjutnya hal tersebut dapat memperbaikistruktur permodalan Perseroan.

 

"Selain itu, apabila dana hasil HMETD digunakan untuk belanja modal Perseroan, maka aset produktif Perseroan akan meningkat dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Perseroan untuk melaksanakan pengembangan kegiatan usahanya secara berkelanjutan." tegasnya.