EmitenNews.com -Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank KB Bukopin, Tbk (BBKP) di 'AAA(idn)' dengan Outlook Stabil.

 

Peringkat Nasional 'AAA(idn)' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi risiko gagal bayar terendah relatif terhadap semua emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama.

 

Peringkat yang Didorong oleh Dukungan: Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin mencerminkan ekspektasi Fitch akan kemungkinan besar dukungan luar biasa dari induk bank yang berbasis di Korea Selatan, Kookmin Bank (A/Stabil/a), jika diperlukan. Kookmin Bank memiliki 67% saham KB Bukopin.

 

Berlabuh ke VR Induk: Peringkat KB Bukopin dikaitkan dengan Peringkat Kelayakan (VR) induknya, karena kami percaya ada ketidakpastian yang cukup mengenai apakah dukungan luar biasa dari pemerintah Korea akan diizinkan mengalir melalui Kookmin Bank ke KB Bukopin. Sebaliknya, kami yakin dukungan akan datang dari sumber keuangan mandiri Bank Kookmin.

 

Kemampuan Kuat untuk Memberikan Dukungan: Kami yakin Kookmin Bank memiliki kemampuan yang tinggi untuk mendukung KB Bukopin, mengingat kekuatan kredit mandiri dan ukuran KB Bukopin yang sangat kecil dibandingkan dengan induknya. Total aset KB Bukopin kurang dari 2% dari aset konsolidasi Kookmin Bank pada akhir tahun 2022.

 

Anak Perusahaan Penting bagi Pemilik: Penilaian kami terhadap kecenderungan Kookmin Bank untuk memberikan dukungan kepada anak perusahaannya di Indonesia, jika diperlukan, tinggi karena kami yakin Indonesia menawarkan jalur pertumbuhan baru bagi induknya. Kami yakin akan ada dampak negatif yang signifikan terhadap reputasi induk jika KB Bukopin default, mengingat branding bersama dan perwakilan Korea induk di dewannya.

 

Profil Keuangan Lemah: Profil kredit mandiri KB Bukopin tidak mendorong peringkatnya, tetapi terutama mencerminkan waralaba sebagai bank menengah. Bank membukukan kerugian bersih yang lebih besar dan kontraksi pinjaman yang lebih luas pada akhir tahun 2022 dibandingkan dua tahun terakhir, meskipun dengan sedikit peningkatan kualitas aset yang kami perkirakan akan berlanjut dalam waktu dekat. Permodalan dan likuiditas KB Bukopin lebih lemah dan kurang stabil dibandingkan bank-bank berukuran menengah lainnya.

 

Faktor-Faktor yang Dapat, Secara Individual atau Bersama-sama, Menyebabkan Tindakan Peringkat Negatif/Penurunan Peringkat Tindakan pemeringkatan negatif dapat timbul dari penurunan profil kredit relatif terhadap seluruh entitas yang diperingkat pada skala Peringkat Nasional Indonesia kami. Hal ini dapat muncul dari penurunan material dalam penilaian kami terhadap peringkat perusahaan induk. Misalnya, penurunan dua tingkat VR Kookmin Bank ke 'bbb+' akan menyebabkan penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin.

 

Penurunan kecenderungan induk untuk memberikan dukungan - dirasakan atau nyata - akan menjadi pemicu yang lebih mungkin untuk tekanan penurunan peringkat dalam jangka menengah. Hal ini dapat timbul dari perubahan besar kepemilikan atau penurunan kinerja KB Bukopin lebih lanjut meskipun Kookmin Bank berupaya untuk mendukung operasional KB Bukopin. Namun, Fitch yakin ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat.