EmitenNews.com— Suami Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), yakni Puan Maharani. Yaitu pengusaha kondang Hapsoro Sukmonohadi atau lebih familiar dengan nama Happy Hapsoro mengakuisisi sebagian saham PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA). 


Merujuk data perubahan pemegang saham yang dirilis Kustodian Sentral Efek Indonesia ( KSEI ). Per 19 September 2022, Basis Utama Prima memiliki 3 miliar atau setara 45,71% saham MINA.


Belum diketahui dari porsi saham siapa Happy Hapsoro melakukan aksi senyapnya tersebut. Namun, dalam daftar KSEI sehari sebelumnya, sebanyak 45,71% saham MINA dicatatkan dengan nominee CGS- CIMB Client.


Berdasarkan dokumen AHU, sebesar 99,99% kepemilikan Basis Utama Prima dikuasai 99,99% oleh Happy Hapsoro. Basis Utama Prima juga memiliki nama alias Basis Investment.


Aksi tersebut membuat Happy Hapsoro menjadi pemegang saham terbesar MINA. Disusul di posisi kedua terbesar ada Eddy Suwarno yang memiliki 361,26 juta atau setara 5,50% saham MINA. Sedang sisanya sebesar 5,30% dimiliki oleh ASABRI.


MINA adalah pengembang properti. Salah satu aset utamanya adalah, pengelolaan lahan pengelola tanah seluas 40.663 m2 di kawasan Umalas, Sanur Kauh, Denpasar Selatan. Aset primer ini sedang dalam proses pengembangan untuk meningkatkan nilainya.


MINA juga sebagai pemegang utama saham PT Minna Padi Resorts, yang memiliki proyek bisnisnya "The Santai", sebuah vila berkonsep mewah untuk liburan keluarga. Saat ini, "The Santai" dioperasikan oleh Lifestyle Retreats Pte. Ltd, dan dikelilingi persawahan serta berada di lokasi pedesaan,cocok bagi yang mendambakan ketenangan selama berlibur di Bali.