EmitenNews.com - Perhelatan BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 yang digelar hari ini Minggu (23/6) diklaim berhasil membangkitkan perekonomian Jakarta.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perputaran ekonomi dari ajang olahraga ini berhasil didapat dalam jumlah yang banyak. Sayangnya, ia belum bisa merinci berapa detail angkanya.

 

Yang jelas, ia mengklaim hotel di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M.H. Thamrin telah terisi penuh.

"(Perputaran ekonomi) pasti gede. Saya belum cek (angka pastinya), tetapi setahu saya, hotel sepanjang Sudirman-Thamrin penuh," kata Nixon ketika ditemui di sela-sela acara Jakarta International Marathon 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2024).

 

Dalam kesempatan sama, Penjabat (PJ) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono menyebut bahwa BTN JAKIM 2024 mampu mempromosikan sisi sports tourism atau wisata olahraga Jakarta.

Kedua adalah kebangkitan ekonomi serta UMKM yang berjalan dengan baik. Selain itu, dapat tercipta kebiasaan berolahraga yang rutin, sehingga kesehatan juga baik. Ajang ini harus dilanjutkan di Jakarta sebagai ikon DKI Jakarta,” kata Heru.

 

Sebagai informasi, BTN JAKIM 2024 diikuti oleh setidaknya 15 ribu pelari yang terbagi dalam tiga kategori.

Ada seribu pelari untuk Marathon (42K), empat ribu pelari untuk Half Marathon (21K), dan sekitar 10.300 pelari untuk 10K.

 

Para peserta BTN JAKIM 2024 memperebutkan hadiah total sebesar Rp 3 miliar, termasuk grand prize rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dalam ajang BTN JAKIM 2024, para pelari asal Kenya merajai kategori marathon untuk pria dan wanita

 

Berikut adalah daftar pemenang kategori marathon: