EmitenNews.com - Kevin Sanjaya Sukamuljo, 28, gantung raket. Mantan pemain ganda putra nomor satu dunia itu, pensiun menyusul eks rekan gandanya Marcus Fernaldi Gideon, yang mundur dari dunia bulutangkis profesional, Maret 2024. Pasangan ganda Kevin-Marcus, dengan julukan Minions memuncaki ranking ganda campuran dunia berbulan-bulan. Sebelumnya, Kevin dinyatakan mundur dari Pelatnas PBSI Cipayung.

Melalui akun Instagramnya, @kevin_sanjaya, ayah satu anak itu dari perkawinannya dengan Valencia Herliani Tanoesoedibjo itu, menyampaikan bahwa waktunya di dunia bulu tangkis sudah habis.

"Saya sangat bersyukur Tuhan telah memberikan karir yang luar biasa di dunia badminton," kata menantu konglomerat Hary Tanoesoedibjo itu, dalam pernyataan resminya di Instagram, seperti dikutip Kamis (16/5/2024).

Kevin mengaku sudah memikirkan secara masak-masak keputusan yang diakui sangat berat itu. Bagaimana pun, pensiun dini dalam bidang yang telah mengangkat namanya, dengan prestasi gemilang, yang tentu diikuti perolehan cuan melimpah, tentu sangat berat. Berat sekali malah.

Kevin Sanjaya Sukamuljo mengungkap sejumlah faktor yang membulatkan keputusannya untuk pensiun dari dunia bulu tangkis. Tak lama setelah dinyatakan mundur dari pelatnas PBSI Cipayung pada Kamis (16/5/2024), Kevin kemudian langsung mengutarakan akan segera gantung raket.

Didahului berdiskusi dengan orang-orang terdekatnya, Kevin mengaku sudah menimbang masak-masak keputusan tersebut. Namun, pria 28 tahun itu, menguatkan hati tetap memilih menutup lembaran kariernya di dunia tepok bulu. Terutama juga didorong oleh cedera bahu sejak tahun 2017, yang terus menderanya.

Didahului cedera yang dialami Marcus Fernaldi Gideon

Keputusannya makin, karena partnernya, Marcus juga dihantui cedera, yang termasuk sulit pemulihannya. "Ya, ditambah, partner saya cedera (Marcus Fernaldi) dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024," kata Kevin dalam akun Instagramnya @kevin_sanjaya.

Sebenarnya, setelah berpisah dengan Marcus, Kevin sempat mendapat kesempatan berpasangan dengan Rahmat Hidayat. Kevin-Rahmat bahkan sempat mentas di Korea Masters dan Kumamoto Masters 2023.

Sayangnya, dengan pasangan barunya itu, Kevin mengaku tidak cocok. Pasalnya, seperti dirinya, Rahmat Hidayat juga sama-sama berposisi sebagai pemain depan.

Kevin kemudian berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan di dunia badminton. Jalan itu ditempuhnya, karena pilihannya bermain bulutangkis, bukan untuk menjadi penggembira. “Saya ingin memiliki tujuan yang jelas."

Seperti yang belakangan diketahui, Kevin tidak mendapatkan jawaban memuaskan dari PBSI terkait masa depannya di dunia bulutangkis. Parahnya lagi, ia juga merasa tidak diberi kesempatan untuk memiliki tujuan jelas sebagai atlet Pelatnas.

Beberapa bulan menunggu, Kevin mengaku mendapatkan jawaban pada pertengahan  Januari 2024. Tetapi, lagi-lagi jawaban yang ada, tidak sesuai harapannya. Dari situ, anggota tim jawara, Thomas Indonesia 2020 (2021) itu, mengaku tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas.

Memutuskan mundur dari dunia bulutangkis sejak Februari 2024

Karena itulah, Kevin memilih untuk menyudahi karirnya sebagai atlet bulu tangkis pada Februari 2024. Kini, ia mengumumkan secara resmi pensiun dininya dari badminton, melalui akun media sosialnya, seperti dilakukan Marcus pada 9 Maret lalu.

"Thank You God for these 33 years! Pada hari ini tepat di usia 33 tahun, saya memutuskan untuk berhenti dari karier profesional badminton," tulis Marcus dalam pengumumannya.

Apa pun, dunia badminton Indonesia kehilangan salah satu pasangan ganda putra fenomenal, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, yang dikenal dengan julukan Minions.