EmitenNews.com - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) merampungkan tahap akhir pembangunan 4 kapal tunda berkapasitas 2 x 2200 horse power dengan nilai investasi Rp230 miliar.


Amri Yusuf Direktur Utama Jasa Armada menyebut penambahan 4 armada itu, menjadi amunisi menjaga kinerja di tengah pandemi Covid-19.


"Pada November 2020 lalu, IPCM telah memperoleh pelimpahan pelaksanaan pelayanan jasa pemanduan [pilotage] dan penundaan [towage] dari Kementerian Perhubungan RI di perairan wajib pandu Pelabuhan Internasional Patimban, pelabuhan baru di daerah Subang, Jawa Barat, dan Terminal Khusus [Tersus] PT Jawa Satu Power," jelasnya, Sabtu (20/3).


KT-IPCM Abimanyu I telah selesai dikerjakan dan resmi diluncurkan di Citra Shipyard Batam, perusahaan pembuat kapal tunda di Sei Lekop, Sagulung, Batam. Pada Jumat 19 Maret 2020.


Sebelumnya, KT-IPCM Abimanyu II, III, dan IV secara paralel telah memulai olah geraknya di sejumlah wilayah operasi IPCM di berbagai daerah.


Anak usaha Pelindo II itu, optimistis selesainya pembangunan keseluruhan armada ini akan berkontribusi pada kinerja IPCM pada 2021, khususnya pada pasar-pasar baru yang dikembangkan oleh IPCM.


Menyusul perluasan pasar itu, perseroan akan menambah satu kapal tunda dan tiga motor pandu dengan total investasi Rp95,4 miliar.


“Investasi kapal tunda baru ini diharapkan dapat terus menjaga service level guarantee dan service level agreement kepada pengguna jasa IPCM. Perseroan berupaya terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dengan menambah investasi kapal yang dibutuhkan,” tutup Amri. (Rizki)