EmitenNews.com—PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) membidik pertumbuhan penjualan meningkat sekitar 10 persen di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi pada 2023.

 

Direktur Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (SIDO) Irwan Hidayat menuturkan, pihaknya menargetkan peningkatan penjualan pada 2023.

 

"Kami berusaha untuk meningkat ada sekitar 10 persen. Tapi yang penting saya tidak khawatir karena secara umum produk kami baik," kata Irwan kepada awak media saat ditemui di Pacific Place, Rabu (15/2/2023).

 

Di sisi lain, Irwan mengaku, tidaklah mudah menjual produk Sido Muncul di luar negeri. "Nah menjual jamu di negeri orang itu tidak gampang. Kalau jual komoditi minyak itu gampang," kata dia.

 

Selain itu, regulasinya pun terbilang tidak gampang karena produk yang dijual mayoritas obat herbal. "Yang dijual ini bukan komoditi seperti minyak dan kelapa sawit. Ini yang dijual obat herbal dan kebanyak obat herbal itu tidak gampang di jual di luar negeri, karena regulasinya kan tidak gampang," ujar dia.

 

Meski demikian, Irwan menjelaskan, penjualan yang baik itu butuh waktu dan juga kepercayaan.

 

"Kalau penjualan yang baik itu butuh waktu butuh kepercayaan, dan kepercayaan itu butuh waktu dan di luar negeri itu tetap penjualan baik," kata dia.