EmitenNews.com - "Shin Tae-yong, Shin Tae-yong." Teriakan dari para suporter itu bergema di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022) malam. Pelatih timnas Indonesia itu dielu-elukan usai anak-anak asuhnya menaklukkan timnas Vietnam dengan skor 3-2, pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Menaklukkan skuad Vietnam sungguh kebanggaan luar biasa. Dan itu terjadi, saat tim Garuda di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan tersebut.


Diperkirakan sebanyak 22 ribu penonton di Stadion Gelora Bung Tomo mengelu-elukan pelatih Shin Tae-yong. Bukan apa-apa. Dengan kemenangan itu, Indonesia mengunci, atau memastikan satu tempat di Piala Asia U-20 yang akan digelar di Uzbekistan tahun 2023.


Ketika berkeliling lapangan, suporter masih terus meneriakkan nama Shin Tae-yong. Sesekali terlihat sang pelatih itu membalas salam suporter dengan lambaian tangan dan senyuman.


Tidak lama kemudian, Coach Shin Tae-yong meminta tim asuhannya untuk berkumpul dan berfoto bersama dengan background para suporter. Tentu tak hanya suporter yang larut dalam euforia kemenangan, para pemain juga. Mereka mengangkat sang pelatih, dan bersama-sama mengayunkannya ke udara.


Sukses Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Vietnam itu, sekaligus menjadi kemenangan pertama Shin Tae-yong terhadap Vietnam. Timnas Indonesia U-20 bersaing merebutkan tiket melawan Vietnam pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20. Kedua tim bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, untuk saling menjatuhkan. (Minggu (18/9/2022) malam WIB.


Dalam laporan pandangan mata semalam, Marcelino Ferdinand membawa Indonesia unggul lebih dulu pada menit ke-60, sebelum disamakan Vietnam via gol bunuh diri Muhammad Ferrari (69'). Seperti mendapat angin, Tim Vietnam berbalik unggul lewat gol Dinh Xuan Tien (79').


Bagusnya, Ferrari membayar kesalahannya dengan menyeimbangkan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-82. Lalu, seperti tidak bisa dibendung lagi, gol Rabbani Tasnim lima menit sebelum waktu normal habis memastikan Indonesia menang 3-2.


Dengan kemenangan tersebut, Indonesia keluar sebagai juara Grup F dengan sembilan poin. Garuda Nusantara pun lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.


Seperti suporter, dan para pemain, Shin Tae-yong bangga bukan main, dengan hasil ini. Pasalnya, ia sukses membawa timnas menang, sekaligus berhasil memecahkan catatan buruk melawan Vietnam. Shin Tae-yong belum pernah menang melawan Vietnam dengan membawa bendera Indonesia dari empat pertemuan sebelumnya, baik itu saat menangani timnas senior atau di kelompok umur.


Dari catatan yang dikumpulkan, Senin (19/9/2022), pertemuan pertama terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Uni Emirat Arab pada pertengahan 2021. Timnas Indonesia yang baru pertama kali ditangani Shin menelan kekalahan 0-4.


Pada pertemuan kedua juga di level senior, pada Piala AFF 2020 akhir tahun lalu. Ketika itu skor imbang 0-0. Pertemuan ketiga terjadi pada SEA Games 2021. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 0-3 pada fase grup.


Kemudian, duel lanjutan Indonesia vs Vietnam selanjutnya di Piala AFF U-19. Dalam laga babak grup, tim Merah Putih bermain imbang tanpa gol.


Kita tentu berharap dalam laga-laga selanjutnya, terutama pada Kualifikasi Piala Asia U-20 tahun 2023, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong terus memberikan kemenangan, dan kejayaan yang membawa harum nama Indonesia. ***