EmitenNews.com - MNC Asia Holding (BHIT) akan menjajakan private placement maksimal 8.606.815.670 helai alias 8,6 miliar lembar. Penerbitan saham sebanyak itu selevel dengan 10 persen dari seluruh saham disetor perseroan. Pengeluaran saham anyar itu, dibalut dengan nilai nominal Rp100. 

Dana hasil private placement, setelah dikurangi biaya-biaya akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan, dan keuangan termasuk namun tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan modal kerja. Penggunaan dana dapat berubah, dan disesuaikan dengan kebutuhan dana perseroan pada saat pelaksanaan private placement.

Pelaksanaan aksi tersebut, bagi pemegang saham perseroan akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai jumlah saham baru yang diterbitkan maksimal 10 persen. Selain itu, jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh menjadi 94,67 miliar saham dari 86,06 miliar lembar.

Aksi tersebut akan meningkatkan struktur permodalan, dan keuangan, termasuk namun tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan modal kerja. Jumlah saham beredar bertambah, sehingga meningkatkan likuiditas perdagangan saham, dan perseroan dapat mengundang investor-investor strategis untuk berinvestasi agar dapat memberi nilai tambah bagi perseroan. 

Sehubungan dengan rencana pelaksanaan private placement itu, belum ada calon pemodal yang akan melaksanakan private placement. Seluruh saham baru akan ditawarkan kepada semua pemegang saham, dan masyarakat. 

Rencana itu, akan digelar maksimum dua tahun setelah mendapat restu investor. Perseroan akan meminta izin investor dalam rapat umum pemegang saham luar biasa pada 26 Juni 2024 mendatang. (*)