EmitenNews.com - Harga saham PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk/Mitratel (MTEL) melonjak signifikan hingga sempat menembus level psikologis Rp 700/saham di sesi I perdagangan Jumat (4 Agustus 2023).

 

Saham MTEL dibuka di Rp 675 dan mendaki ke level Rp 705 di sepanjang perdagangan, sebelum akhirnya ditutup di Rp 695 di sesi I. Transaksi saham MTEL juga tebal dengan volume mencapai 61,6 juta saham dan nilai transaksi tembus Rp 42,68 miliar.

 

Analis teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai kenaikan harga saham MTEL yang dibarengi dengan peningkatan volume terimbas sentimen positif dari kinerja keuangan yang solid di sepanjang semester I-2023.

 

“Laba bersih yang tumbuh hingga 15% di semester I menunjukkan kinerja yang solid dan investor melihat prospek sehingga ada tekanan beli” jelas Herditya.

 

Dari sisi aspek teknikal, saham MTEL juga tergolong menarik. “Kami mencermati MACD MTEL sudah golden cross disertai dengan stokastik yang masih menunjukkan penguatan sehingga perlu dicermati resist terdekat di level 725” jelas Herditya.

 

Apabila level 725 dapat ditembus, maka level resisten selanjutnya untuk saham MTEL di 755-760. Jika skenario ini terwujud, MTEL siap rally melampaui harga IPO nya di Rp800. Sejumlah sekuritas, salah satunya JP Morgan, menyematkan target price hingga di atas Rp900 per saham.  

 

Lebih lanjut Herditya menilai katalis positif untuk saham MTEL adalah berakhirnya era kebijakan moneter ketat yang diprediksi terjadi pada tahun ini

 

“Suku bunga tinggi kemungkinan berakhir tahun ini, kalau tahun depan ada rate cut maka MTEL bisa diuntungkan karena selama ini tertekan kebijakan suku bunga” tambah Herditya.

 

Selain aspek teknikal, fundamental saham MTEL juga terbilang solid. Beberapa sekuritas asing dan lokal berbondong-bondong memberikan rating buy.