EmitenNews.com - Elon Musk, serius nggak beinvestasi di Indonesia? Kira-kira demikian pertanyaan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada boss Tesla itu. LBP akan menegaskan seberapa serius orang terkaya nomor wahid di dunia itu, menanamkan modalnya di Indonesia. Bulan depan, pensiunan jenderal itu akan kembali ke Amerika Serikat untuk memperjelas hal itu. Isu Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia sudah muncul sejak 2020.


"Tesla sudah masuk sebagian, tapi belum masuk investasinya. Saya akan ke Amerika bulan depan. Saya akan ketemu Elon, mau bicara 'eh mau kau gimana?" kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan saat memberi Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (21/8/2022).


Pemerintah sedang mengejar Tesla untuk segera melakukan investasi secara penuh di Indonesia. Pasalnya, beberapa kompetitor mulai masuk ke Indonesia, seperti Ford. "Karena si Ford ini sudah mulai masuk juga. Ford duitnya banyak."


Seperti sudah diramaikan pers, Luhut menyebut nilai kontrak pembelian nikel dari Tesla mencapai USD5 miliar atau setara Rp74,5 triliun. Kontrak berjangka lima tahun itu akan digunakan Tesla untuk membeli baterai lithium. Produk nikel yang dikontrak Tesla di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.


Isu Tesla Inc mau berinvestasi di Indonesia sudah berhembus sejak tahun 2020. Namun, sejauh ini masih nihil. Padahal, April lalu, Menko LBP dan rombongan sudah bertemu CEO dari Tesla Elon Musk, mengajak agar mau berinvestasi di Indonesia.


Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri Luhut, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan lainnya, juga sempat berkunjung ke markas SpaceX Boca Chinca Texas pada Sabtu (14/5/2022). Dalam pertemuannya dengan Elon ini berbicara banyak hal, termasuk kerja sama Indonesia dengan Tesla. Elon Musk bahkan menjanjikan segera berkunjung ke Indonesia untuk merealisir rencana investasi yang sebelumnya telah dibicarakan itu.


"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Presiden Jokowi di sela pertemuannya dengan Elon Musk itu.


Dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi, Elon Musk mengaku siap menjajaki kerja sama dengan Indonesia. Menurutnya Indonesia punya potensi yang besar dan banyak bidang. “Indonesia memiliki potensi besar, dan saya rasa kita, melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia." ***