EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) menegaskan komitmen menjadi "One of Home of Indonesia's Best Talent" dengan menggulirkan transformasi human capital. Itu ditunjukkan melalui penerapan teknologi Human Capital berbasis cloud. Caranya, meluncurkan sistem BTN Best untuk pengelolaan human capital lebih progresif, dan terintegrasi.

Pada era di mana sukses perusahaan ditentukan Top Talent berbakat dan kompeten, BTN memahami penting berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia untuk mempertahankan posisi sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka Indonesia.

“Misi BTN bukan sekadar ambisi, tetapi manifestasi dari komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan memahami keunggulan kompetitif tidak bergantung pada faktor finansial semata, BTN melihat perlu transformasi manajemen sumber daya manusia sebagai kunci sukses,” tutur Direktur Human Capital, Compliance & Legal BTN, Eko Waluyo, di Jakarta, Minggu (7/4).

Eko menyebut untuk mencapai visi menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia tahun 2025, Human Capital memiliki beberapa prioritas capaian harus direalisasikan. Prioritas pertama, mengembangkan konsep BTN tempat nyaman bagi para talenta terbaik. Kedua, pengembangan kapabilitas, dan produktivitas. Terakhir, pengembangan Data Analytic di lingkup pengelolaan Human Capital sebagai Decision Support System.

Pada puncak ulang tahun BTN pada 3 Maret 2024 lalu, BTN telah meluncurkan BTN Best sebagai barometer pengembangan teknologi pengelolaan Human Capital lebih progresif, dan terintegrasi pada seluruh Human Capital Cycle. Mulai recruitment, retirement sekaligus telah selaras dengan roadmap Human Capital BTN untuk memperkuat data analitis di lingkup pengelolaan Human Capital.

Direktur IT BTN, Andi Nirwoto menambahkan untuk mendukung pencapaian misi Human Capital, perseroan mengimplementasikan Human Capital Information System terintegrasi untuk mendukung operasional excellence, pengambilan keputusan berbasis data, dan menyediakan seamless employee experience melalui Cloud HR Technology memberi real time availability, dan high performance.

Implementasi Human Capital Information System (HCIS) berbasis Cloud menjadi langkah strategis bagi BTN dalam mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia dengan memanfaatkan teknologi terbaru. “Dengan adopsi teknologi berbasis Cloud, BTN telah berhasil meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi sumber daya manusia, dan mampu membuat keputusan berbasis data lebih baik,” imbuhnya.

Melalui tahapan implementasi terencana dengan matang, BTN telah memprioritaskan berbagai fitur penting dalam HCIS. Mulai Core HR dan Payroll hingga Recruitment & Onboarding, Talent Management, Performance and Goals, serta People Analytics Dasar. Langkah-langkah itu, menegaskan komitmen BTN untuk merekrut, mengintegrasikan, mengembangkan, dan mempertahankan bakat terbaik melalui manajemen kinerja efektif.

Dengan demikian, BTN bukan hanya akan menjadi pilihan utama bagi para profesional Indonesia, tetapi juga akan menjadi tempat di mana bakat-bakat terbaik dapat berkembang, dan memberikan kontribusi maksimal bagi kesuksesan perusahaan, dan bangsa Indonesia pada umumnya. (*)