EmitenNews.com - Pemerintah berharap kuota haji Indonesia ditambah. Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas terbang ke Arab Saudi pada Kamis (5/1/2023) untuk membahas kuota haji 2023. Selain itu, Menag juga membahas kerja sama penyediaan hotel, transportasi, hingga katering bagi jemaah. Tahun ini Indonesia sudah mendapatkan kuota haji sampai 100 persen. Tahun lalu, masih 50 persen, berkaitan dengan pandemi Covid-19.

 

"Akan dibahas beberapa hal terkait persiapan dan pelaksanaan haji tahun ini, termasuk kuota, penyediaan hotel, katering, dan sebagainya," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat (6/1/2023).

 

Sejauh ini, Indonesia sudah mendapat kuota haji 100 persen pada 2023. Namun, Menteri Yaqut menginginkan, Indonesia mendapat kuota lebih pada penyelenggaraan haji 2023, untuk mengurai daftar tunggu keberangkatan jemaah haji.

 

Pada 2022, Indonesia mendapat kuota haji sebesar 50 persen. Hal itu karena ada pembatasan berkaitan dengan pandemi Covid-19. Yaqut berharap mudah-mudahan pemerintah Arab Saudi bisa memenuhi permintaan Indonesia itu. Satunya tambah kuota. 

 

“Ini penting agar antrean haji yang panjang itu bisa diperpendek. Insya Allah, 100 persen sudah dapat. Kami ingin lebih dari itu," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. ***