EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan PT Satria Antaran Prima Tbk (SAPX) pada perdagangan, Rabu (10/3).


Langkah tegas itu diambil setelah pergerakan saham SAPX mengalami penurunan signifikan. Di mana, pada 24 Februari 2021 lalu, harga saham SAPX masih di level Rp1400 per lembar. Namun, pada penutupan Selasa (9/3) berada di posisi Rp890 per saham atau telah terjun 36,42 persen.


”Menyusul koreksi tajam harga kumulatif saham SAPX, BEI perlu menghentikan sementara sampai pengumuman bursa lebih lanjut,” tutur Lidia M Panjaitan, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi, dalam keterangan tertulis, Selasa (9/3).


Sebagai informasi, pada perdagangan saham 15 Januari 2021 lalu, saham SAPX ditutup di harga Rp2.250 per lembar. Sedang pada perdangangan Selasa (9/3) saham SAPX ditutup di harga Rp890 per saham.


Penghentian sementara perdagangan saham SAPX dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai dengan untuk memberi waktu memadai pelaku pasar mempertimbangkan secara matang berdasar informasi dalam setiap pengambilan keputusan investasi pada saham itu. "Para pihak berkepentingan diharapkan selalu memperhatikan keterbukaan informasi perseroan," tegasnya. (Rizki)