EmitenNews.com - Swiss tertarik mengembangkan sektor perdagangan dan investasi di Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Swiss menjajaki kerja sama sektor perdagangan serta investasi. Penjajakan ini bagian dari upaya memberikan dukungan kebijakan pembangunan sekaligus mempererat hubungan kedua belah pihak.

 

"Harapannya, program kerja sama serta hubungan perekonomian Jatim dengan Swiss semakin meningkat dan memberikan kemanfaatan besar di masa mendatang," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono usai menerima kunjungan Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN Olivier Zehnder di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (22/2/2024).

 

Tidak hanya membahas penguatan kerja sama yang sudah terjalin di bidang ekonomi, kedua pihak juga membicarakan potensi-potensi perdagangan dan investasi yang bisa ditingkatkan antara Pemprov Jatim dan Swiss.

 

Yang jelas Adhy Karyono mengemukakan, peluang mengembangkan kerja sama dan investasi selaras dengan yang dilakukan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

 

Pada 16 Desember 2018, Menteri Perdagangan RI dan menteri negara-negara di European Free Trade Association (EFTA) menandatangani perjanjian Indonesia - EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

 

Data Pusdatin Kementerian Perdagangan RI mencatat, mulai tahun 2019 sampai 2023, neraca perdagangan Provinsi Jatim dan Swiss nilainya surplus bagi Jatim senilai USD49,3 juta. ***