EmitenNews.com - Manulife Indonesia kembali meresmikan sarana air bersih dan sanitasi, berupa menara air dan toilet umum bagi lebih dari 900 jiwa di Desa Wargajaya, Cigudeg, Bogor, Rabu (18/9/2024). Kegiatan pembangunan sarana air bersih dan sanitasi yang sudah berjalan sejak tahun 2023 ini, merupakan perwujudan nilai perusahaan “Share Your Humanity” dan bagian dari Impact Agenda Manulife.

Fasilitas ini menyediakan akses air bersih yang sangat dibutuhkan oleh penduduk setempat dan mendukung upaya peningkatan sanitasi di wilayah Desa Wargajaya.

Peresmian ini dihadiri oleh Meylindawati, Direktur & Chief Financial Officer Manulife Indonesia, Shierly Ge, Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, tim Yayasan Manulife Peduli, tim Corporate Social Responsible (CSR), wakil tim Diversity, Equity and Inclusion (DEI) bersama dengan relawan dari karyawan dan tenaga pemasar Manulife Indonesia serta aparat Desa Wargajaya. 

Selain bagian dari program Impact Agenda, kegiatan ini juga mendukung salah satu program pemerintah berkaitan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024. Targetnya, akses untuk air yang layak pakai sebesar 100%, air yang aman untuk dipakai sebesar 15%, dan rumah tangga yang memiliki akses terhadap air pipa sebesar 30%, serta salah satu target Sustainable Development Goals (SDG) tahun 2030 berupa akses untuk air yang aman untuk dipakai 100%.

Dalam kesempatan ini, diselenggarakan juga edukasi budaya hidup bersih dan sehat bagi anak-anak dan seminar kesehatan terkait stunting bagi warga, yang bekerja sama dengan Rumah Sakit EMC Sentul. Relawan dan warga setempat juga sekaligus membersihkan aliran sungai kecil dari sampah dan memasang komitmen berupa spanduk untuk menjaga kebersihan lingkungan desa. 

Tentang Impact Agenda 

Manulife Impact Agenda adalah sebuah inisiatif strategis yang bertujuan untuk menciptakan dampak sosial dan lingkungan positif sekaligus mencapai tujuan bisnis perusahaan. Agenda ini berfokus pada empat bidang utama:

1.Memberdayakan Kesehatan dan Kesejahteraan: Manulife bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental bagi nasabah, karyawan, dan masyarakat. Hal ini termasuk mempromosikan hidup sehat, menyediakan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas, dan mendukung inisiatif kesehatan mental.

2.Mendorong Peluang Ekonomi Inklusif: Perusahaan berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi berbagai pemangku kepentingan. Hal ini termasuk mendukung usaha kecil, mempromosikan literasi keuangan, dan menciptakan peluang kerja di masyarakat yang kurang terlayani.

3.Mempercepat Masa Depan yang Berkelanjutan: Manulife berfokus pada kelestarian lingkungan, termasuk mengurangi jejak karbon dan mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan dalam portofolio investasinya. Hal ini mencakup investasi dalam teknologi hijau, mendukung proyek-proyek energi terbarukan, dan mengadvokasi kebijakan-kebijakan yang menangani perubahan iklim.

4.Membangun Budaya Integritas dan Ketahanan: Manulife menekankan praktik bisnis yang beretika, tata kelola, dan manajemen risiko. Perusahaan bertujuan membangun kepercayaan dengan para pemangku kepentingan dengan bersikap transparan, akuntabel, dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

Impact Agenda diintegrasikan dalam strategi bisnis Manulife yang lebih luas, dengan tujuan, metrik, dan mekanisme pelaporan spesifik untuk melacak kemajuan dan memastikan akuntabilitas. 

Melalui agenda ini, Manulife berupaya menciptakan dampak jangka panjang bagi nasabah, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat luas. (Eko Hilman). ***