EmitenNews.com - Ini langkah Kementerian Pertanian RI dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di bidang pertanian. Guna meningkatkan kualitas SDM pertanian di wilayah perdesaan, Kementan khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] mendukung pengembangan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya [P4S] sebagai tempat berlatih untuk meningkatkan skill petani secara mandiri.


Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya adalah lembaga pelatihan pertanian dan perdesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun berkelompok. P4S diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian, dalam bentuk pelatihan, atau pemagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.


Bentuk dukungan Kementan bagi P4S adalah melalui pemberian bantuan sarana dan prasarana sebagai upaya meningkatkan kualitas pelatihan. Dengan adanya bantuan ini, P4S diharapkan menjadi pusat pelatihan pertanian di perdesaan yang berkualitas. Dalam keterangannya yang dikutip Minggu (24/4/2022), Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian adalah masa depan yang pasti dibutuhkan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.


"Kunci utama keberhasilan pembangunan pertanian adalah SDM-nya, bantuan benih, pupuk, bantuan Alsintan, dan lain-lain tidak akan berhasil kalau tidak dikelola SDM yang kompeten,” kata Mentan Syahrul.


Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa P4S berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan. Pembinaan dapat dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja.


Balai Besar Pelatihan Pertanian [BBPP] Binuang selaku UPT BPPSDMP memberikan bantuan sarana prasarana [Sapras] pembelajaran kepada P4S Manunggal Karsa di Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pada Sabtu [23/4/2022]. Hadir dalam acara itu, Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati didampingi Kepala Bagian Umum BBPP Binuang, Arpan Suleman Korompot; Koordinator Program dan Evaluasi, Joko Tri Harjanto dan Sub Koordinator Program dan Kerjasama, Agus Sumantri.


Kepala BBPP Binuang Yulia Asni Kurniawati mengatakan penyerahan bantuan merupakan upaya pembinaan berkelanjutan bagi P4S Manunggal Karsa. Sapras yang diserahkan berupa speaker aktif 1 unit, kursi belajar 28 unit, lemari buku besi 2 unit, papan nama 1 unit. "Jadikan P4S ini sebagai wadah penumbuhan regenerasi petani milenial di Kaltim, khususnya Kabupaten Berau. Manfaatkan sebaik-baiknya sarana prasarana yang kami serahkan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran di P4S Manunggal Karsa.


Pengelola P4S Manunggal Karsa menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan Kementan melalui BBPP Binuang. “Dengan bantuan ini, menjadikan P4S kami menjadi wadah pembelajaran bagi petani milenial di Berau dan Kaltim serta mendorong kami meningkatkan pembinaan pada petani dan pemuda desa di sekitar P4S sebagai sentra pertanian modern." ***