EmitenNews.com - Tokoh otomotif nasional, Soebronto Laras meninggal dunia. Presiden Komisaris PT Indomobil International Tbk. (IMAS) dan PT Indomobil Multi Jasa Tbk. (IMJS) itu, meregang nyawa di RS Medistra, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Legenda otomotif Indonesia itu, wafat dalam usia 80 tahun.

 

"Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Bp.Soebronto Laras ayahanda Nace Laras, malam ini di RS Medistra. Semoga alm. diterima semua amal ibadahnya, dilapangkan & diterangkan kuburnya. Aamiin." Demikian pesan yang beredar atas meninggalnya sang legenda otomotif Indonesia itu.

 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai sosok Soebronto Laras sebagai tokoh yang sangat istimewa. Ia telah menjadi seorang legenda bagi bagi industri otomotif Tanah Air. 

 

Kepada pers, Rabu, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto yang mengaku telah mengenal Soebronto Laras selama lebih dari 35 tahun dan rutin berdiskusi mengenai industri otomotif, pantas mendapat gelaran legenda.

 

Dalam perbincangan intens keduanya, mereka saling bertukar pikiran untuk mencari cara mengembangkan industri otomotif secara nasional. Buah pikiran sang legenda sedikit banyak telah berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional.

 

Jongkie Sugiarto menyodorkan data produksi dan penjualan otomotif Indonesia sanggup mencapai lebih dari 1 juta unit per tahun. 

 

Soebronto Laras lahir di Jakarta 5 Oktober 1943, bergabung dengan Grup lndomobil sejak 1976. Pada tahun 1982, Sarjana Teknik Mesin dari Paisley College di Skotlandia 1969 dan Diploma of Business Administration dari Hendon College di London 1972 itu, dipercaya sebagai Direktur Utama Indomobil. Juni 2002 sebagai Komisaris Utama Perseroan. Pada PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit Bisnis Indonesia), ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris.

 

Kepergian Soebronto Laras jelas merupakan sebuah kehilangan besar bagi dunia bisnis, terutama industri otomotif nasional. ***