EmitenNews.com - Sulawesi Tengah memantapkan dukungannya kepada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Kawasan Pangan Nusantara (KPN), di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Kawasan ini diharapkan menjadi penopang sektor ketahanan pangan IKN Nusantara.

 

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Kawasan Pangan Nusantara yang berada di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, saya resmikan," kata Wapres Ma'ruf Amin saat meresmikan Kawasan Pangan Nusantara di Sulteng, Rabu (4/10/2023).

 

Wapres memastikan, proses pembangunan IKN Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus berjalan. Pembangunan itu akan mendorong konsentrasi penambahan jumlah penduduk yang cukup tinggi sehingga perlu untuk dipenuhi kebutuhan pangannya.

 

"Oleh karena itu, saya menyambut baik penetapan Sulawesi Tengah sebagai Kawasan Pangan Nusantara," kata Wapres.

 

Wapres yang melakukan penanaman perdana tanaman durian varietas MK Hortimart di Kawasan Pangan Nusantara, berharap kawasan terpadu seluas sekitar 1.124 hektare itu, dapat menjadi penyangga IKN pada ketahanan sektor pangan.

 

KPN Sulteng tercatat seluas 1.124 hektare, dengan luas efektif untuk ditanami 800 hektare, tersebar di tiga desa terdekat, yakni Talaga, Sabang dan Desa Kambayang.

 

Peresmian KPN tersebut, merupakan bentuk komitmen pemerintah, untuk memewujudkan ketahanan pangan nasional, dan Sulteng sebagai lumbung pangan.

 

Dalam laporannya kepada ke Wapres KH Ma’ruf Amin, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan, Kawasan Pangan Nusantara di Donggala itu, diproyeksikan dapat memberi nilai tambah bagi Sulawesi Tengah, yang berkedudukan sebagai daerah penyangga IKN di Kalimantan Timur.

 

Pada bagian lain laporannya, Gubernur Sulteng memohon dukungan pemerintah pusat untuk pembangunan jalan bypass Tambu-Kasimbar, pembangunan pelabuhan di Tambu, serta pelabuhan di Kasimbar, agar terkoneksi dengan KPN.